Pengembangan Kurikululm Pesantren dalam Menangkal Radikalisme di Bali: Studi Multi Situs Pondok Pesantren Manba’ul Ulum, Jembrana, Pondok Pesantren Syamsul Huda, Buleleng dan Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz, Tabanan

Rahim, Fathur (2022) Pengembangan Kurikululm Pesantren dalam Menangkal Radikalisme di Bali: Studi Multi Situs Pondok Pesantren Manba’ul Ulum, Jembrana, Pondok Pesantren Syamsul Huda, Buleleng dan Pondok Pesantren Raudlotul Huffadz, Tabanan. Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fathur Rahim_0841915026.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Pengembangan Kurikulum, Pesantren, Radikalisme Studi ini membahas pengembangan kurikulum pesantren dalam menangkal radikalisme agama, terutama dalam menyingkap bagaimana upaya pesantren dalam merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi kurikulum pendidikannya sehingga dalap mengembangkan sikap moderatisme dan toleransi beragama di kalangan para santri. fokus penelitian ini mencakup 1) Bagaimanakah perencanaan pengembangan kurikulum pondok pesantren dalam menangkal radikalisme di pondok pesantren Manba’ul Ulum, Syamsul Huda dan Raudlotul Huffadz, 2) Bagaimanakah pelaksanaan pengembangan kurikulum pondok pesantren dalam menangkal radikalisme di pondok pesantren Manba’ul Ulum, Syamsul Huda dan Raudlotul Huffadz dan 3) Bagaimanakah evaluasi pengembangan kurikulum pondok pesantren dalam menangkal radikalisme di pondok pesantren Manba’ul Ulum, Syamsul Huda dan Raudlotul Huffadz. Sedangkan tujuan dari penelitian ini antara lain: 1) Mendeskripsikan perencanaan pengembangan kurikulum pondok pesantren dalam menangkal radikalisme di pondok pesantren Manba’ul Ulum, Syamsul Huda dan Raudlotul Huffadz 2) Menganalisa pelaksanaan pengembangan kurikulum pondok pesantren dalam menangkal radikalisme di di pondok pesantren Manba’ul Ulum, Syamsul Huda dan Raudlotul Huffadz serta 3) Mengkaji evaluasi pengembangan kurikulum pondok pesantren dalam menangkal radikalisme di pondok pesantren Manba’ul Ulum, Syamsul Huda dan Raudlotul Huffadz. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan desain penelitian multisitus. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang sudah terkumpul dianalisa dan diuji validitasnya dengan teknik teknik triangulasi. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini antara lain: (1) Perencanaan kurikukulum dalam menangkal radikalisme di pondok pesantren Manba’ul Ulum, Syamsul Huda dan Raudhatul Huffadz mengacu pada kebutuhan masyarakat akan santri yang memilik pemahaman moderat dalam beragama. Sementara landasan yang digunakan dalam pengembangan kurikulum berdasarkan pemikiran model tekstual-salafi dan tradisional-Madzhabi. Sementara model perencanaan yang digunakan mengkombinasikan model Disipline Oriented dan Child Oriented. Strategi perencanaan kurikulum yang digunakan ketiga pondok pesantren adalah dengan memasukkan materi AkhlakTasawwuf ke dalam kurikulum pendidikan pesantren, (2) Pelaksanaan pengembangan kurikulum di pondok pesantren Manba’ul Ulum, Syamsul Huda dan Raudhatul Huffadz masih mempertahankan sistem tradisional Wetonan atau Bandongan. Sedangkan pada tingkat madrasah diniyyah, pelaksanaan pengembangan kurikulum pesantren dalam menangkal radikalisme menggunakan strategi transinternal, sebuah strategi yang menekankan pembelajaran nilai dengan melakukan transformasi nilai yang tidak hanya melibatkan pendidikan secara fisikal dan intelektual akan tetapi juga juga melibatkan komunikasi batin (kepribadian antar guru-murid) yang bersifat spritiual. (3) Evaluasi pengembangan kurikulum dalam menangkal radikalisme di Pondok pesantren Manba’ul Ulum, Syamsul Huda dan Raudlotul Huffadz dilaksanakan dilakukan berdasarkan kebutuhan. Strategi evaluasi yang digunakan adalah Evaluasi produk, suatu cara evaluasi yang mengukur hasil program untuk menilai ketercapaian tujuan. Adapun variabel yang diuji meliputi tujuan, perubahan sikap, perbaikan kemampuan dan perbaikan tingkat kehadiran.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:36
Last Modified: 31 Jan 2023 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18275

Actions (login required)

View Item View Item