Penentuan Harga di Toko Ifa Busana Desa Sumber Tengah Kecamatan Mumbulsari dalam Perspektif Etika Bisnis Islam.

Ulum, Fatimatul (2016) Penentuan Harga di Toko Ifa Busana Desa Sumber Tengah Kecamatan Mumbulsari dalam Perspektif Etika Bisnis Islam. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fatimatul Ulum_083 122 113.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penentuan harga adalah tugas kritis yang menunjang keberhasilan operasi organisasi yang harus diserahkan pada kekuatan penawaran dan permintaan sebagai sebuah pertukaran yang tidak dipaksakan. Etika bisnis memegang peranan penting dalam membentuk pola dan sistem transaksi bisnis, yang pada akhirnya menentukan nasib bisnis yang dijalankan seseorang. Sisi yang cukup menonjol dalam meletakkan etika bisnis Nabi Muhammad Saw. adalah nilai spiritual, humanism, kejujuran, keseimbangan, dan semangatnya untuk memuaskan mitra bisnisnya. Islam juga memberikan penjelasan tentang praktik-praktik perdagangan yang dilarang. Seperti menjual barang dengan harga yang jauh lebih tinggi dari harga umum, membeli barang yang sedang ditawar orang lain, membeli barang orang yang akan berjualan dipasar sebelum dia tahu harga pasar, membeli barang untuk ditimbun atau spekulasi, memperjualbelikan barang untuk maksiat, mengurangi timbangan dan menjual barang yang sudah kadaluwarsa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana mekanisme penentuan harga di toko Ifa Busana desa Sumber Tengah kecamatan Mumbulsari ? 2) Bagaimana pandangan etika bisnis Islam terhadap penentuan harga di toko Ifa Busana desa Sumber Tengah kecamatan Mumbulsari ?. Tujuan penelitian ini adalah :1) Mendeskripsikan mengenai penentuan harga di toko Ifa Busana desa Sumber Tengah kecamatan Mumbulsari 2) Menjelaskan pandangan etika bisnis Islam terhadap penentuan harga di toko Ifa Busana desa Sumber Tengah kecamatan Mumbulsari. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) karena data penelitian ini diperoleh dari masyarakat melalui proses observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek penelitian dalam penelitian ini ada dua yaitu subjek primer dan subjek sekunder. Setelah data-data terkumpul selanjutnya dianalisis dengan menggunakan data deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: 1) mekanisme penentuan harga di toko Ifa Busana desa Sumber Tengah kecamatan Mumbulsari melalui lima faktor. Lima faktor yang mempengaruhi penentuan harga di toko Ifa Busana, yaitu faktor kualitas barang, faktor harga barang, faktor mode/model barang, faktor waktu pembelian barang dan faktor biaya. 2) dalam menentukan harga toko Ifa Busana sudah menerapkan empat prinsip dalam etika bisnis islam, yaitu prinsip kejujuran, prinsip keadilan, prinsip amanah dan prinsip keterbukaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150507 Pricing (incl. Consumer Value Estimation)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:37
Last Modified: 31 Jan 2023 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18276

Actions (login required)

View Item View Item