Pengaruh Bauran Pemasaran Programme, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Facilities (7P) JasaPendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa IAINJember dalamMemilih Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember Tahun 2020/2021.

Al Fauri, Fauzan (2021) Pengaruh Bauran Pemasaran Programme, Price, Place, Promotion, People, Process, dan Physical Facilities (7P) JasaPendidikan terhadap Keputusan Mahasiswa IAINJember dalamMemilih Pondok Pesantren Al-Bidayah Jember Tahun 2020/2021. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fauzan Al Fauri_0849119012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: bauran pemasaran jasa pendidikan, keputusan pemilihan mahasiswa. Permasalahan yang menjadi sebab penelitian ini dilakukan adalah ketikamahasiswa memilih Pondok Pesantren Al-Bidayah, tidak sedikit dari merekamemutuskan untuk berhenti, sehingga peneliti mencoba menggali informasi kepada santri yang masih berada di pesantren, faktor apa yang menyebabkanmereka memilih Pondok Pesantren Al-Bidayah dan tetap berada di sana dengandiukur melalui tujuh komponen bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah 7 komponen bauranpemasaran (7P) yang meliputi program (X1), harga (X2), tempat (X3), promosi (X4), orang (X5), proses (X6), dan fasilitas fisik (X7) memiliki pengaruh terhadapkeputusan mahasiswa dalam memilih pondok pesantren Al-Bidayah (Y) baiksecara parsial (sendiri-sendiri) dan simultan (bersamaan). Metode yang digunakan pada riset ini adalah quantitative approachdanjenis yang digunakan adalah asosiative. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode probability sampling dengan teknik randomsamplingpada120 populasi berupa mahasiswa IAIN Jember yang aktif di Pondok PesantrenAl-Bidayah. Untuk analisis yang digunakan pada penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitias, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda dengan dibantuaplikasi JASP. Hasil riset ini adalah keputusan mahasiswa dalammemilih PondokPesantren Al-Bidayah (Y) tidak dipengaruhi oleh program (X1), harga (X2), tempat (X3) dan orang (X5) secara parsial dengah diperoleh nilai signifikansi program (X1) 0,150 > 0,005 , harga (X2) 0,775 > 0,005, tempat (X3) 0,317 >0,05dan orang (X5) 0,282 > 0,05. dan hanya variabel promosi (X4) , proses (X6) danfasilitas fisik (X7) yang memiliki pengaruh. dengah diperoleh nilai signifikansi promosi (X4) 0,001 < 0,05, proses (X6) 0,001 < 0,05 dan fasilitas fisik(X7) 0,001 < 0,05 Sedangkan keputusan mahasiswa dalam memilih Pondok PesantrenAl-Bidayah (Y) dapat dipengaruhi oleh program (X1), harga (X2), promosi (X3), tempat (X4), orang (X5), proses (X6) dan fasilitas fisik (X7) secara bersamaandengan nilai signifikansi 0,001 < 0,05.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1505 Marketing > 150599 Marketing not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:36
Last Modified: 31 Jan 2023 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18278

Actions (login required)

View Item View Item