Pola Komunikasi Mahasiswa IAIN Jember Dalam Interaksi Virtual dan Faktual.

Lestariningsih, Febri Sri Wahyu (2015) Pola Komunikasi Mahasiswa IAIN Jember Dalam Interaksi Virtual dan Faktual. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Febri Sri Wahyu Lestariningsih _082 111 002.pdf

Download (1MB)

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu bagian kehidupan yang sangat penting bagi manusia, sebab sebagian besar kehidupan manusia dipenuhi dengan komunikasi baik itu komunikasi interpersonal maupun antar pribadi.Dalam era saat ini, komunikasi juga ikut berperan serta dalam perkembangan teknologi terutama dengan keberadaan internet. Perkembangan internet tersebut sangat mempengaruhi kehidupan sosial serta cara berkomunikasi seseorang. Perkembangan teknologi yang semakin maju, pola berkomunikasi yang beragam, serta semakin boomingnya sosial media menjadi salah satu contoh nyata perkembangan dalam dunia komunikasi. Idealnya, pola komunikasi yang terjadi secara faktual (face to face) seolah-olah menjadi tersudut dengan adanya komunikasi yang dilakukan secara virtual. Kenyamanan dan keefisienan berkomunikasi secara virtual mampu membuat komunikasi secara langsung bersifat tidak bebas/tertutup. Fokus kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: Bagaimana pola komunikasi mahasiswa IAIN Jember dalam interaksi virtual, Bagaimana pola komunikasi mahasiswa IAIN Jember dalam interaksi faktual? Tujuan penelitian ini adalah: untuk mengetahui, memahami, mendeskripsikan, serta menganalisis pola komunikasi mahasiswa IAIN Jember dalam interaksi virtual, untuk mengetahui, memahami, mendeskripsikan, serta menganalisis pola komunikasi mahasiswa IAIN Jember dalam interaksi faktual. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, metodologi penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian menggunakan kualitatif. Jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data dengan interview (wawancara), observasi dan dokumentasi. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif(describtion analysis ). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pola komunikasi mahasiswa IAIN Jember dalam interaksi virtual lebih cenderung bersifat cair, terbuka, dan bebas karena berruang virtual, berbentuk tulisan sehingga lebih nyaman, jelas, dan detail, serta mempu membentuk karakter mahasiswa menjadi internetholic. Oleh karena itu mahasiswa yang lebih cenderung menyukai komunikasi secara virtual, maka akan menciptakan skill yang gagap dalam faktual. Sedangkan pola komunikasi mahasiswa IAIN Jember dalam interaksi faktual lebih cenderung bersifat kaku, tertutup, dan tidak bebas karena berruang fisik yang secara otomatis kejelasan fisik, identitas, dan eksistensi diri membuat mereka grogi dan komunikasi ini juga mampu membentuk karakter mahasiswa menjadi individualisme. Oleh karena itu, mahasiswa yang lebih cenderung menyukai komunikasi secara faktual, maka akan menciptakan pribadi yang percaya diri dalam dunia real. Jadi, semakin tingginya intensitas interaksi mahasiswa dalam komunikasi menggunakan jejaring sosial (virtual), maka semakin rendah intensitas interaksi face to face mahasiswa. Kata Kunci: Pola Komunikasi Mahasiswa, Interaksi Virtual dan Faktual.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 02:36
Last Modified: 31 Jan 2023 02:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18279

Actions (login required)

View Item View Item