Jannah, Hanifah Nur (2019) Peran Guru Mengatasi Problem Membaca Kitab Kuning Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Program Keagamaan Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Hanifah Nur Jannah_T20151191.pdf Download (41MB) |
Abstract
Guru merupakan orang tua kedua bagi peserta didik di dalam sekolah formal, maka dari itu peran guru sangat dipersoalan ini sebab seorang guru memilki tanggung jawab yang sangat beser terhadp pembentukan peserta didik. Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu bagaiman peran guru sebagai pengajar, pembimbing, dan fasilitator dalam mengatasi problem membaca kitab kuning di madrasah program keagamaan jember tahun ajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru sebagai pengajar, pembimbing, dan fasilitator dalam mengatasi problem membaca kitab kuning di madrasah program keagamaan jember tahun ajaran 2018/2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi partisipasi pasif, wawancara tidak tersruktur, dokumentasi. Analisa data yang digunakan yaitu model Miles and Huberman dengan langkah-langkah kondensasi data, penyajian data, kesimpulan. Keabsahan data digunakan yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan (1) Peran guru sebagai pengajar dalam mengatasi problem membaca kitab kuning di MANPK Jember yakni berupa pengenalan tata cara membaca kitab kuning yang baik dan benar menggunakan kitab Tanya Jawab Nahwu & Sharaf, Ringkasan Teori Dasar Ilmu Nahwu yang bekerja sama dengan pondok pesantren Al-bidayah, dan juga melakukan melakukan latiahan-latihan yang terus menerus agar peserta didik terbiasa membaca kitab kuning dan memaknainya, dengan begitu peserta didik akan semakin paham kata perkata yang ada didalmnya, ditambah lagi dengan menghafalkan kosa kata (mufrodat) sebanyak mungkin (2) Peran guru yang kedua sebagai pembimbing dalam mengatasi problem membaca kitab kuning di MANPK Jember yakni dengan cara guru harus membimbing peserta didik membaca kitab kuning dengan langkah-langkah yang benar seperti membagi peserta didik menjadi 4 kelompok belajar, setiap kelompok berisi 24 peserta didik dan 1 tutor belajar, serta memberikan motivasi-motivasi yang membangun agar supaya mereka semangat delam belajarnya, dan juga melakukan pembelajaran dengan teman sejawat.(3) Peran guru yang ketiga sebagai fasilitaor dalam mengatasi problem membaca kitab kuning di MANPK Jember yakni, seorang guru harus menjadi fasilitas yang terbaik dalam proses belajar mengajar, akan tetapi didalam problem membaca kitab ada kalanya metode yang digunakan juga harus sesuai dengan kebutuhan peserta didik. Upaya yang dilakukan dengan memberikan waktu sebanyak mungkin untuk melakukan tanya jawab dan shering kesulitan membaca kitab kuning bersama guru dan peserta didik tidak hanya itu pembelajaran juga berpusat pada peserta didik makan guru hanya mengawasi dan memberikan arahan-arahan dalam proses belajar mengajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 31 Jan 2023 07:13 |
Last Modified: | 31 Jan 2023 07:13 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18286 |
Actions (login required)
View Item |