Peran Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidomukti Mayang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021

Rokayyah, Hoirur (2021) Peran Guru dalam Meningkatkan Kedisiplinan Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidomukti Mayang Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Hoirur Rokayyah_T20164083.pdf

Download (4MB)

Abstract

guru sebagai komponen utama dalam proses pembelajaran memegang peranan penting. Tugas guru meliputi mendidik, mengajar, dan melatih serta memotivasi siswa sehingga mampu untuk berdisiplin agar berhasil dalam menempuh pendidikan. Guru merupakan pemegang amanat dan bertanggung jawab atas amanat yang diserahkan kepadanya dan akan diminta pertanggung jawaban oleh Allah SWT Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Darul Ulum Sidomukti Mayang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021? dan (2) Bagaimana peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Darul Ulum Sidomukti Mayang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 ? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Darul Ulum Sidomukti Mayang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 dan (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Darul Ulum Sidomukti Mayang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021. Pendekatan penelitian menggunakan deskriptif kualitatif, dengan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan analisis deskriptif, dengan keabsahan data menggunakan Triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan (1) Peran guru sebagai pendidik dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Darul Ulum Sidomukti Mayang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021, guru melakukan langkah-langkah dengan cara mengembangkan kepribadian dan membina budi pekerti siswa, sehingga dengan langkah-langkah yang telah dilakukan, peran guru sebagai pendidik telah mampu meningkatkan kedisiplinan peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Sidomukti Mayang Jember dan (2) Peran guru sebagai motivator dalam meningkatkan kedisiplinan peserta didik di MI Darul Ulum Sidomukti Mayang Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2020/2021 dilakukan dengan selalu memberikan motivasi kepada siswa agar selalu berdisiplin dalam belajar, guru juga membimbing siswa dalam proses pembelajaran di dalam dan di luar kelas, khususnya dalam hal kedisiplinan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050299 Environmental Science and Management not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 03:57
Last Modified: 31 Jan 2023 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18293

Actions (login required)

View Item View Item