Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Anak di PT. Kemuningsari Kec. Jenggawah Kab. Jember Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Fiqh Mu’amalah.

Muarofah, Husniatul (2017) Perlindungan Hukum Tenaga Kerja Anak di PT. Kemuningsari Kec. Jenggawah Kab. Jember Dalam Perspektif Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 Tentang Ketenagakerjaan dan Fiqh Mu’amalah. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Husniatul Muarofah_083 132 007.pdf

Download (14MB)

Abstract

Anak merupakan salah satu sumber daya manusia sekaligus bagian dari generasi muda yang akan melanjutkan cita-cita perjuangan bangsa dalam pembangunan di masa depan. Oleh sebab itu, anak perlu mendapatkan perlindungan (Protection) serta mendapatkan hak-hak nya secara optimal. Namun kenyataannya, sampai saat ini masih banyak anak-anak yang terpaksa ikut serta bekerja untuk membantu orang tuanya. Mereka terpaksa meninggalkan bangku sekolah demi meringankan beban ekonomi yang menghimpit keluarga mereka yang disebabkan oleh ketidakmampuan orang tua mereka dalam memenuhinya. Kenyataan ini menunjukkan bahwa perekonomian negara kita memang belum memungkinkan untuk membebaskan anak-anak bangsa dari pekerjaan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka fokus penelitian yang diangkat dalam skripsi ini adalah sebagai berikut: 1) Bagaimana sistem kerja terhadap tenaga kerja anak di PT. Kemuningsari? 2) Apa faktor yang mempengaruhi adanya tenaga kerja anak di PT. Kemuningsari? 3) Bagaimana perlindungan hukum tenaga kerja anak di PT. Kemuningsari dalam perspektif Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan dan Fiqh Mu’amalah? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan sistem kerja dan faktor yang mempengaruhi adanya tenaga kerja anak di PT. Kemuningsari serta perlindungan hukum yang diterapkannya. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian hukum empiris dengan pendekatan kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Dan metode analisa data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis deskriptif kualitatif. Sedangkan untuk melihat keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan bahwa: 1) Sistem kerja terhadap tenaga kerja anak di PT. Kemuningsari tidak sesuai dengan aturan yang tertuang di dalam norma; 2) Faktor yang mempengaruhi adanya tenaga kerja anak di PT. Kemuningsari adalah rendahnya pendapatan orang tua, tidak punya biaya untuk melanjutkan sekolah dan faktor kemiskinan keluarga serta keadaan yang memaksa mereka harus bekerja; 3) Perlindungan hukum bagi tenaga kerja anak di PT. Kemuningsari belum terpenuhi dengan baik baik ditinjau dari segi Undangundang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan maupun ditinjau dari segi Fiqh Mu’amalah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Ekonomi Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:14
Last Modified: 31 Jan 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18294

Actions (login required)

View Item View Item