Pembelajaran Kitab Wasiatul Musthofa pada Santriwati di Pondok Pesantren Annuriyyah Kabupaten

Islamiyah, Iis (2018) Pembelajaran Kitab Wasiatul Musthofa pada Santriwati di Pondok Pesantren Annuriyyah Kabupaten. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Iis Islamiyah_084141051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dilatar belakangi kitab Wasiatul Musthofa merupakan sebuah kitab karya dari Syeikh Abdul Wahhab Asy-Sya’rani yang didalamnya berisi tentang wasiat-wasiat Nabi Muhammad SAW yang disampaikan langsung kepada Ali bin Abi Thalib untuk disampaikan kepada seluruh umat manusia maka penulis tertarik mengkaji kitab tersebut, selain itu dengan banyak sekali penyimpangan pendidikan akhlak yang terjadi di lingkungan sekitar, maka menyebabkan kemerosotan moral sehingga perlu pengkajian mengenai pendidikan akhlak yang diharapkan dapat menjadi salah satu alternatif dalam membina akhlak santriwati. Fokus penelitian pada skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pendidikan akhlak terpuji dan tercela dalam perspektif Syeikh Abdul Wahhab Asy- Sya’rani?, 2) Bagaimana pendidikan akhlak perspektif Syeikh Abdul Wahhab Asy- Sya’rani pada santriwati di pondok pesantren putri Annuriyyah Blok-U Nurul Furqon Kaliwining Rambipuji Jember? Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk mendiskripsikan pendidikan akhlak terpuji dan tercela dalam perspektif Syeikh Abdul Wahhab Asy- Sya’rani. 2) Untuk mendiskripsikan pendidikan akhlak perspektif Syeikh Abdul Wahhab Asy- Sya’rani pada santriwati di pondok pesantren putri Annuriyyah Blok-U Nurul Furqon Kaliwining Rambipuji Jember. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dan peneliti telah memilih pondok pesantren putri Annuriyyah Blok-U Nurul Furqon sebagai lokasi penelitian. Teknik dalam pengumpulan data menggunakan observasi terus terang atau samar, interview terpimpin dan studi dokumentasi. Teknik analisa data menggunakan Milles dan Haberman, sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan teknik trianggulasi sumber dan teknik. Peneliti telah memperoleh kesimpulan, yaitu: 1) Pendidikan akhlak terpuji dalam perspektif Syeikh Abdul Wahhab Asy-Sya’rani yaitu pendidikan akhlak kepada Allah dan Rasul aktualisasinya adalah do’a, wudhu’, shalat, puasa, dzikir, shalawat, sedekah, membaca al-Qur’an dan tobat, sedangkan akhlak kepada sesama manusia aktualisasinya adalah selalu melakukan kebaikan, halal dan haram, jujur, menghindari barang subhat, memelihara lisan dan akhlak kepada lingkungan aktualisasinya adalah merawat tanaman dan menjaga kebersihan. sedanmgkan pendidikan akhlak tercela adalah ghibah, dunia hina (mencintai harta berlebihan) dan syirik. 2) Pendidikan akhlak kitab Wasiatul Musthofa perspektif Syeikh Abdul Wahhab Asy- Sya’rani pada santriwati dilakukan melalui metode pembelajaran ceramah dan tanya jawab sehingga para santriwati memahami materi dan mempraktekkannya. Pembelajaran kitab ini tepat saat digunakan dalam pembinaan akhlak santriwati saat ini karena dampak yang mereka rasakan adalah ketenangan, ketentraman dan semua amal manusia dapat bernilai ibadah melalui niat, jika dilihat dari segi tujuannya agar santriwati dapat memiliki akhlakul karimah dan nantinya dapat hidup mulia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:13
Last Modified: 31 Jan 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18298

Actions (login required)

View Item View Item