Peranan pemerintah kabupaten Jember dalam meningkatkan pembangunan sumber daya manusia berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah

Hosnan, Hosnan (2022) Peranan pemerintah kabupaten Jember dalam meningkatkan pembangunan sumber daya manusia berdasarkan undang-undang nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Skripsi_Hosnan_revisi-1 (1).pdf

Download (1MB)

Abstract

Ada beberapa fakta di lapangan yang menunjukakan bahwa masih banyak program pemerintah yang berkaitan dengan Pembangunan Sumberdaya Manusia yang masih tidak signifikan untuk menunjang kualiatas masyarakat sehingga pengembangan kualitas untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang lebih baik masih kurang, seperti misalnya pendidikan yang masih kurang merata di berbagai kecamatan dan desa yang ada di kabupaten Jember, begitupun dengan angka kesehatan yang masih sisa 30 persen masyarakat yang tidak memahami bahwa sehat itu merupakan salah satu penunjang untuk terciptanya lingkungan yang berkualitas, yang terakhir poin pada kehidupan yang layak, masih banyak masyarakat yang ketimpangannya jauh ada si kaya dan si miskin.
Fokus penelitian dalam Skripsi ini adalah: 1.) Bagaimana peranan pemerintah Kabupaten Jember dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat? 2) Bagaimana peranan pemerintah kabupaten Jember dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat perspektif Undang-Undang No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah?
Dalam penelitian ini menggunnakan metode kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Perolehan data merupakan hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi. Perolehan data sekunder berasal dari dokumentasi. Pengujia keabsahan data menggunakan triangulasi data. Selajutnya, analisis informasi menggunakan model Miles, Humberman dan saldana yaitu mereduksi data yang ada, disajikan, dan diverifikasi sebagai simpulan serta rumusan masalah dalam tinjauan penelitian ini dapat terjawab.
Penelitian ini samapai pada simpulan bahwa 1) peran pemerintah dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat jember masih dirasa kurang melihat bahwa pada kenyatannya banyak sektor-sektor yang masih tidak merata seperti pendidikan, kesehatan, dan kehidupan yang layak tiga hal inilah yang membuat masyarakat jember masih menjadi salah satu tingkat indeks Pembangunan Manusia paling rendah di Jawa Timur. 2) pemerintahan Kabupaten Jember belum bisa melaksanakan secara utuh amanat Undang-Undang No 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, dimana dalam isinya menitipkan bahwa pemerintah memiliki kewajiban untuk mengembangkan masyarakatnya dalam dua garis besar yaitu secara konkuren dan pilihan, artinya pemerintah Kabupaten Jember masih belum bisa mengelola secara utuh apa yang menjadi amanahnya.

Kata Kunci: peranan pemerintah, Pembangunan, Sumber Daya Manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180103 Administrative Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180104 Civil Law and Procedure
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180108 Constitutional Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Tata Negara
Depositing User: Cak Hosnan Hosnan
Date Deposited: 01 Feb 2023 01:19
Last Modified: 01 Feb 2023 01:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18301

Actions (login required)

View Item View Item