Pengaruh Kemudahan Dan Kemanfaatan Aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) Terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember.

Rikza, Ilmi Farajun (2019) Pengaruh Kemudahan Dan Kemanfaatan Aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) Terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ilmi Farajun Rikza_E20151043.pdf

Download (6MB)

Abstract

Teknologi internet memberikan kemudahan dan beragam manfaat kepada para penggunanya dalam melakukan transaksi online. Dalam lembaga keuangan bank maupun non bank, tujuan utama strategi pemasaran yang dijalankan adalah meningkatkan jumlah nasabah. Untuk menyikapi munculnya berbagai lembaga teknologi financial (fintech) maka PT. Pegadaian (Persero) melakukan transformasi dengan meluncurkan aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS). Rumusan masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Apakah ada pengaruh kemudahan aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) Terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember? 2) Apakah ada pengaruh kemanfaatan aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) Terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember? 3) Apakah ada pengaruh kemudahan dan kemanfaatan aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) Terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember secara simultan?. Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui pengaruh kemudahan aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) Terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember? 2) Untuk mengetahui pengaruh kemanfaatan aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) Terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. 3) Untuk mengetahui pengaruh kemudahan dan kemanfaatan aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) Terhadap Kepuasan Nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember secara simultan. Dalam penelitian ini data diambil dengan menggunakan teknik wawancara, kuesioner, dan dokumentasi dengan pengambilan sampel insidental sampling. Analisis data kuantitatif meliputi uji asumsi klasik melalui uji normalitas, uji multikolinieritas, dan uji heteroskedastisitas, analisis regresi berganda, pengujian hipotesis melalui uji koefisien determinasi, uji F, dan uji t, dengan bantuan SPSS (Statistical Package for the Social Sciences). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa :1) Kemudahan aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) secara parsial tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. 2) Kemanfaatan aplikasi Pegadaian Digital Service (PDS) secara parsial berpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. 3) Kemudahan dan kemanfaatan aplikasi Pegadaian Digital Services (PDS) berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan nasabah di PT. Pegadaian (Persero) Cabang Jember. Kata kunci : Kemudahan, Kemanfaatan, Kepuasan nasabah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:13
Last Modified: 31 Jan 2023 07:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18302

Actions (login required)

View Item View Item