Eksistensi Pondok Pesantren Salaf di Tengah Arus Globalisasi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Krajan Karanganyar Ambulu Jember)

Ghozali, Imam (2016) Eksistensi Pondok Pesantren Salaf di Tengah Arus Globalisasi (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Krajan Karanganyar Ambulu Jember). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Imam Ghozali_084 114 008.pdf

Download (26MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kegelisahan Peneliti menyaksikan beberapa pesantren salaf tidak lagi beroprasi sebagai laiknya pesantren; tidak ada santri, tidak ada pengajian kitab, dan hanya tinggal bangunan, meskipun tetap masih ada kiai. Kenyataan itu terjadi di tengah arus globalisasi, suatu kondisi yang menuntut percepatan legalitas dan formalisme. Namun, di lain tempat, masih dijumpai pesantren salaf yang tetap beroprasi laiknya pesantren: ada santri, kegiatan padat, pengajian kitab berjalan. Berawal dari pengamatan tersebut, Peneliti menentukan Pondok Pesantren Darussalam Krajan Karanganyar Ambulu Jember sebagai lokasi penelitian, karena sesuai dengan tema dan tujuan penelitian ini, dengan fokus penelitian: 1) faktor penunjang keberlangsungan Pondok Pesantren Darussalam Krajan Karanganyar Ambulu Jember di tengah arus globalisasi; 2) penyelenggaraan pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Krajan Karanganyar Ambulu Jember; dan 3) respon masyarakat terhadap pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Krajan Karanganyar Ambulu Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptifkualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Penentuan informan menggunakan purposive-sampling, pemilihan dengan pertimbangan dan tujuan tertentu. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi: triangulasi metode, dan traingulasi sumber. Dalam menyusun penelitian ini, Peneliti melalui tiga tahap: tahap persiapan, yakni mencari lokasi penelitian, menyusun instrumen penelitian, memvalidasi instrumen lembar observasi dan pedoman wawancara; tahap pelaksanaan yang telah ditentukan; dan terakhir tahap analisis, hingga pengambilan kesimpulan. Setelah semua tahap dilalui, penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) faktor penunjang keberlangsungan Pondok Pesantren Darussalam Krajan Karanganyar Ambulu Jember di tengah arus globalisasi banyak ditopang oleh setidaknya lima unsur: a. Figur kiai yang kharismatik; b. Hubungan silaturahim dengan masyarakat sekitar yang terjaga dengan baik; c. sikap terbuka kepada pendidikan formal meskipun tidak menyelenggarakannya; d. keikutsertaan santri-santri dusun dalam aneka kegiatan pengajian di pesantren ini; e. adanya kegiatan tanpa memandang jumlah dan keuntungan finansial; 2) penyelenggaraan pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Krajan Karanganyar Ambulu Jember menggunakan metode pengajaran klasik: yakni metode bandongan, dan metode sorogan; dan 3) respon masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan di Pondok Pesantren Darussalam Krajan Karanganyar Ambulu Jember beragam, dengan akurasi ketertarikan masih lebih dominan dari pada yang tidak tertarik, meskipun yang tertarik belum tentu memondokkan anakknya pesanten salaf karena satu dan lain pertimbangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180127 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) > 18012799 Mu'amalah (Islamic Commercial & Contract Law) not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 07:14
Last Modified: 31 Jan 2023 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18304

Actions (login required)

View Item View Item