pembinaan sikap spiritual siswa melalui istighosah akbar di sekolah menengah pertama negeri 1 jember tahun pelajaran 2018/2019.

Mulyani, Indah Suci (2019) pembinaan sikap spiritual siswa melalui istighosah akbar di sekolah menengah pertama negeri 1 jember tahun pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Suci Mulyani_084 141 216.pdf

Download (24MB)

Abstract

Pembinaan sikap spiritual pada peserta didik sangatlah penting, mengingat dalam sikap spiritual mengandung dua aspek penting yaitu pembentukan peserta didik yang beriman dan pembentukan peserta didik yang bertaqwa sesuai dengan isi kandungan kurikulum 2013 KI 1. Dalam hal ini pelajaran pendidikan agama Islam sangat berperan penting dalam pembentukan sikap tersebut. Namun tidak cukup dengan hanya mengandalkan pelajaran PAI dalam membentuk sikap spiritual peserta didik. Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Jember (SMPN 1 Jember) selalu berupaya untuk membentuk peserta didik yang beriman dan bertaqwa dalam kehidupan sehari-hari, dalam hal ini SMPN 1 Jember tidak hanya mengandalkan pelajaran pendidikan agama Islam, salah satunya dilakukan dengan membiasakan peserta didik melaksanakan kegiatan istighosah akbar secara bersama-sama. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimanakah pembentukan peserta didik yang beriman melalui istighosah akbar di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimanakah pembentukan peserta didik yang bertaqwa melalui istighosah akbar di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan pembentukan peserta didik yang beriman melalui istighosah akbar di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) mendeskripsikan pembentukan peserta didik yang bertaqwa melalui istighosah akbar di SMP Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model analisis interaktif Miles dan Huberman langkah-langkahnya pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1) Pembentukan peserta didik yang beriman melalui isighosah akbar yaitu dengan membina peserta didik agar senantiasa berdo’a dan hanya meminta segala sesuatu hanya kepada Allah swt. Salah satunya dengan pembacaan sholawat, istighfar, dan dzikir. Dengan selalu mendekakan diri kepada Allah peserta didik akan terbiasa melibatkan Allah dalam setiap kegiatannya, baik dalam kegiatan sekolah maupun ibadahnya. 2) Pembentukan peserta didik agar senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT yaitu dengan selalu menanamkan dalam diri siswa untuk senantiasa berserah diri (tawakal) kepada Allah SWT, selalu berbuat baik/beramal shaleh dalam kehidupan sehari-harinya, menjalankan perintah Allah SWT seperti halnya sholat. Sikap peserta didik yang bertaqwa ini akan tergambar dalam kehidupannya seharihari dalam mentaati peraturan sekolah maupun aturan agama.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:06
Last Modified: 31 Jan 2023 09:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18310

Actions (login required)

View Item View Item