Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018

Putri, Intan Yulia (2018) Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Intan Yulia Putri_084134067.pdf

Download (5MB)

Abstract

Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan pendidikan karakter berbasis agama dan budaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan pendidikan karakter berbasis agama dan budaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? 3) Bagaimana evaluasi pendidikan karakter berbasis agama dan budaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter berbasis agama dan budaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter berbasis agama dan budaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. 3) Mendeskripsikan evaluasi pendidikan karakter berbasis agama dan budaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskripif, dengan jenis penelitian field research. Penentuan subyek penelitian menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data dengan langkah-langkah yaitu :reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi teknik dan sumber. Adapun hasil penelitian ini sebagai berikut: 1) Perencanaan pendidikan karakter di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa dilakukan dengan dua cara. Pertama, perencanaan pendidikan karakter dalam kegiatan di dalam kelas dilakukan guru dengan membuat rencana pelaksanaan pembelajaran. Sedangkan dalam kegiatan di luar pembelajaran, guru dan pembantu kepala madrasah melakukan perencanaan pendidikan karakter dengan membuat jadwal, membuat fasilitas yang mendukung kegiatan dan mengikutsertakan seluruh guru dalam melaksanakannya. 2) Pelaksanaan pendidikan karakter berbasis agama dan budaya di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Arjasa Kabupaten Jember dilaksanakan dengan melakukan kegiatan di dalam maupun luar pembelajaran. Kegiatan pelaksanaan pendidikan karakter di luar pembelajaran antara lain: Kegiatan shalat duha dan dzuhur berjamaah istighasah, baca tulis al-qur’an, amal jum’at, kerja bakti, upacara bendera setiap hari senin dan upacara memperingati hari besar nasional lainnya, pemilihan pengurus kelas. Sedangkan kegiatan pelaksanaan pendidikan karakter di dalam pembelajaran adalah dengan menanamkan pendidikan karakter di dalam kegiatan pendahuluan, inti dan penutup dalam pembelajaran. 3) Evaluasi pendidikan karakter berbasis agama dan budaya pada kegiatan pembelajaran dilakukan melalui evaluasi yang dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Evaluasi di luar pembelajaran adalah dengan monitoring langsung oleh guru dan karyawan tanpa adanya catatan khusus.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 31 Jan 2023 09:06
Last Modified: 31 Jan 2023 09:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18315

Actions (login required)

View Item View Item