Peran Shadow Teacher dalam Pembelajaran Siswa Autism Spectrum Disorder di Sekolah Dasar Al Irsyad Al Islamiyyah Jember

fatmawati, indi (2022) Peran Shadow Teacher dalam Pembelajaran Siswa Autism Spectrum Disorder di Sekolah Dasar Al Irsyad Al Islamiyyah Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
INDI FATMAWATI_T20164022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam pendidikan inklusif, terdapat beberapa guru yang terlibat dalam proses pembelajaran, salah satunya adalah GPK (Guru Pembimbing Khusus) atau juga disebut dengan shadow teacher. Shadow teacher adalah guru pembimbing khusus yang mendampingi belajar anak berkebutuhan khusus. Dalam mendampingi anak berkebutuhan khusus, shadow teacher memiliki beberapa peranan, yaitu peran sebagai mediator dan fasilitator. Sebagai madiator, shadow teacher berperan ssebagai terapis bagi siswa berkebutuhan khusus, sedangkan sebagai fasilitator, shadow teacher berperan sebagai translate materi bagi siswa berkebutuhan khusus pada saat pembelajaran berlangsung.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana peran shadow teacher sebagai mediator dalam pembelajaran siswa ASD di SD Al Irsyad Al Islamiyyah Jember? (2) Bagaimana peran shadow teacher sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa ASD di SD Al Irsyad Al Islamiyyah Jember?
Tujuan dalam penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan peran shadow teacher sebagai mediator dalam pembelajaran siswa ASD di SD Al Irsyad Al Islamiyyah Jember. (2) Mendeskripsikan peran shadow teacher sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa ASD di SD Al Irsyad Al Islamiyyah Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Subjek penelitian yaitu kepala sekolah, waka inklusi, shadow teacher, wali kelas, dan orang tua/wali. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan. Dan pada keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil dari kesimpulan dalam penelitian adalah: (1) Peran shadow teacher sebagai mediator dalam pembelajaran siswa ASD adalah sebagai terapis bagi siswa berkebutuhan khusus. Dalam menjalankan terapi, shadow teacher mengacu pada PPI yang telah disesuaikan dengan kondisi dan kebutuhan tiap-tiap ABK. Proses terapi dapat dilakukan di dalam kelas maupun pull out. (2) Peran shadow teacher sebagai fasilitator dalam pembelajaran siswa ASD adalah sebagai translate materi bagi siswa berkebutuhan khusus. Proses transliterasi dilakukan kurang lebih 15 menit setelah materi di jelaskan oleh guru kelas/guru mata pelajaran dengan menggunakan bahasa yang mudah dipahami oleh ABK. Keberhasilan pembelajaran siswa ASD juga ditentukan dari mood siswa. Jika mood siswa sudah mulai berantakan atau bahkan tantrum, maka tugas shadow teacher adalah membantu menetralkan kembali emosinya dengan cara mengalihkan perhatiannya pada hal-hal yang disenangi.
Kata kunci: shadow teacher, pembelajaran, siswa ASD

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130312 Special Education and Disability
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: miss indi fatmawati
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:39
Last Modified: 02 Feb 2023 01:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18322

Actions (login required)

View Item View Item