Namudaj Idarah Ta'lim al-'Arabiyah

Maskud, Maskud (2022) Namudaj Idarah Ta'lim al-'Arabiyah. UIN Khas Press.

[img] Text
Dr. Maskud - Namudaj Idarah Ta'lim al-'Arabiyah (ISBN) - Turnitin.pdf

Download (2MB)

Abstract

Manajemen pembelajaran adalah proses organisasi dalam pembelajaran yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan dan pengendalian untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan model perencanaan, kepemimpinan instruksional, dan kontrol mutu manajemen pembelajaran bahasa Arab di MA Nuris 1 Jember, MANPK Jember, MA AlQodiri 1 Jember.
Pendekatan penelitian dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus dengan rancangan multikasus. Teknik analisis ini menggunakan analisis kasus individu dan analisis lintas kasus. Validitas data dalam penelitian ini menggunakan uji kredibilitas, transverabilitas, dependabilitas, dan konformabilitas.
Hasil temuan dari penelitian ini adalah (1) Model Perencanaan Pembelajaran Bahasa Arab diketiga MA tersebut adalah Model Perencanaan Pembelajaran integratif dengan langkah-langkah, pertama, diawali analisis lingkungan dengan distandarisasi pengasuh ma’had dan penjamin mutu. Kedua, perencanaan dikembangkan melalui integrasi Kurikulum K13 dengan kurikulum pesantren. Ketiga integrasi pembelajaran bahasa Arab Madrasah dengan pesantren mengacu pada petunjuk teknis dari Kementerian Agama, serta program Pertukaran pelajar. (2) Model Instruksional Leadership dalam Pembelajaran Bahasa Arab adalah model kepemimpinan pembelajaran delegatif terpusat dan delegatif otonom dengan langkah-langkah; pertama. Sosialisasi Visi, Misi, dan Tujuan dilakukan oleh Tim Penjaminan Mutu dengan sasaran civitas madrasah, wali murid dan masyarakat baik langsung maupun menggunakan media cetak dan elektronik. Kedua, pengelolaan pembelajaran dilakukan secara sentral dengan sistem jenjang dan sistem pengkhususan yang dikembangkan guru secara disentral dengan berbagai model yang mengacu pada petunjuk teknis pembelajaran Asrama dan buku panduan, ketiga membangun iklim pembelajaran bahasa Arab menggunakan sistem pendidikan modern dan pemadatan waktu. (3) Model kontrol mutu pembelajaran bahasa Arab adalah model kontrol mutu pembelajaran sistem dengan pendekatan berbasis ma’had dengan bagian-bagianya sebagai berikut; pertama, Pengendalian Mutu Input siswa hafal Taqrib 250 Bait dan Imriati 250 Bait, mampu berbahasa Arab dan Inggris, Memiliki hafalan Al-Quran, latarbelakang pendidikan MTs dan pesantren, input guru menguasai bahasa arab, alumni pesantren, mampu membaca kitab dan guru binaan Pesantren Dalwa. kedua, Pengendalian Proses pembelajaran khusus santri Mukim dan santri Kalong model Full Day School berbasis pesantrenan, serta didukung oleh olimpiade Bahasa Arab, pertukaran pelajar, LPBA dan yaumul Arabi dan melibatkan, sistem, media, dan personalia, Ketiga, Pengendalian out put pembelajaran berbasis IT, didukung oleh Khitobah, Yaumul Arabiy serta evaluasi mingguan, bulanan dan semesteran.
Berdasarkan hasil temuan di atas, temuan formal penelitian ini adalah model manajemen pembelajaran Bahasa Arab secara Integratif Delegatif berbasis ma’had di Madrasah Aliyah dapat meningkatkan mutu peserta didik dalam menguasai semua keterampilan berbahasa Arab.

Item Type: Book
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200399 Language Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Dr. Maskud Maskud
Date Deposited: 01 Feb 2023 07:11
Last Modified: 01 Feb 2023 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18325

Actions (login required)

View Item View Item