Pengaruh Model Mnemonik Dengan Penugasan Pembuatan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ssiswa Pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA Di MA Model Hidayatul Hasan Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022

Vega, Octavia (0017) Pengaruh Model Mnemonik Dengan Penugasan Pembuatan Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Ssiswa Pada Materi Ekosistem Kelas X MIPA Di MA Model Hidayatul Hasan Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI VEGA.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya variasi dalam penggunaan
model pembelajaran oleh guru dalam pembelajaran biologi di MA Model Hidayatul
Hasan Lumajang. Guru hanya menggunakan model pembelajaran konvensional
dengan metode ceramah dan menggunakan media pembelajaran hanya berupa
modul materi. Hal itu menyebabkan siswa mengalami kesulitan menghafal dan
memahami materi sehingga berdampak pada hasil belajar siswa. Oleh karena itu,
diperlukan adanya inovasi untuk mengatasi hal tersebut. Salah satunya adalah
dengan menerapkan model Mnemonik dengan penugasan pembuatan mind
mapping.
Dalam penelitian ini terdapat dua rumusan masalah yang menjadi kajian
pokok yaitu: 1) Bagaimana hasil belajar siswa kelas kontrol dan kelas eksperimen
setelah dibelajarkan menggunakan model Mnemonik dengan penugasan pembuatan
mind mapping pada materi ekosistem kelas X MIPA di MA Model Hidayatul
Hasan Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022?; 2) Adakah pengaruh model
Mnemonik dengan penugasan pembuatan mind mapping terhadap hasil belajar
siswa pada materi ekosistem kelas X MIPA di MA Model Hidayatul Hasan
Lumajang Tahun Pelajaran 2021/2022?.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kuantitatif dengan rancangan Quasi Experimental Design bentuk posttest-Only
Control Design. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive
sampling, dengan jumlah sampel 32 siswa X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan
dengan jumlah sampel 31 siswa X MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan
data yang digunakan yaitu dengan tes dan dokumentasi. Untuk menganalisis data
digunakan uji hipotesis Z.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil belajar siswa kelas
eksperimen memiliki hasil belajar lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol.
Hal ini dapat dilihat dari perbedaan jumlah nilai rata-rata hasil belajar (posttest)
siswa, dimana untuk kelas eksperimen nilai rata-rata 83,59 dan sedangkan kelas
kontrol nilai rata-rata 77,74; 2) Ada pengaruh yang signifikan model Mnemonik
dengan penugasan pembuatan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas X
MIPA materi ekosistem di MA Model Hidayatul Hasan Lumajang tahun pelajaran
2021/2022 dengan nilai signifikasi 0,024.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060201 Behavioural Ecology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060207 Population Ecology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0602 Ecology > 060208 Terrestrial Ecology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Vega Octavia Anggraeni
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:33
Last Modified: 02 Feb 2023 01:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18346

Actions (login required)

View Item View Item