Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Inkuiri Pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Azizi, Isna Nur (2018) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) dan Inkuiri Pada Mata Pelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Isna Nur Azizi_084 141 006.pdf

Download (6MB)

Abstract

Numbered Head Together (NHT) atau penomoran berfikir bersama merupakan jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Sedangkan inkuiri merupakan proses pembelajaran dengan penyelidikan untuk mendapatkan jawaban suatu permasalahan yang mereka hadapi ditengah masyarakat. Pembelajaran seperti ini lebih bermakna dari pada peserta didik mendengar ceramah dan keterangan guru didepan kelas. Oleh sebab itu, para pendidik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri I Jember berusaha untuk menjadi pendidik yang memiliki bekal mengenai model pembelajaran kooperatif yang mampu memberikan motivasi kepada siswa untuk lebih tertarik lagi mengikuti pembelajaran sehingga proses pembelajaran di kelas dapat berjalan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1. Bagaimana perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Inkuiri pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 2. Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Inkuiri pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 3. Bagaimana evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Inkuiri pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Inkuiri pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 2. Untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Inkuiri pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018. 3. Untuk mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dan Inkuiri pada mata pelajaran PAI di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 1 Jember tahun pelajaran 2017/2018. Dalam mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field reseach) dengan pandangan fenomenologi, Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu, wawancara, observasi, serta dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan pada penelitian ini menggunakan analisis model Miles dan Huberman mulai dari reduksi data (Data reduction), penyajian data (Data verification), dan enarikan kesimpulan (Conclusing drawing/verification). Sedangkan dalam menguji keabsahan data peneliti menggunakan dua teknik yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1. Bahwa Perencanaan pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada mata pelajaran PAI dalam hal perencanaannya guru terlebih dahulu menyusun pelaksnaan rencana pembelajaran (RPP) Sedangkan mengenai silabus pembuatannya sudah dibuat oleh pemerintah atau kementrian pendidikan dan kebudayaan (kemendikbud). Kurikulum yang dipakai yakni menggunkan K13 jadi dalam penyusunan (RPP) disesuaikan dengan K13. Dalam penyusunan (RPP) dengan menggunkan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT), guru mempertimbangkan standar kompetensi yang akan dicapai, menyesuaikan dengan silabus, mempertimbangkan pada materi yang diajarkan lalu melihat kemampuan dari guru tersebut serta disesuaikan pula dengan alokasi waktunya. Sedangkan Perencanaan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran PAI dalam hal penyusunanya yakni dapat diketahui bahwa sebelum guru mengajar terlebih dahulu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terlebih dahulu dengan mempertimbangkan beberapa hal penting yakni standar kompetensi yang ingin dicapai menyesuaikan dengan materi yang akan diajarkan apakah materi tersebut cocok atau tidak dan juga hal yang terpenting guru tersebut haruslah memahami betul model pembelajaran yang akan digunakan sebelum mempraktekkannya. 2. Dalam pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada mata pelajaran PAI yakni guru sudah melaksanakan proses pembelajaran sesuai dengan langkah-langkah model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT). Sedangkan, Dalam pelaksanaan model pembelajaran inkuiri pada mata pelajaran PAI guru melaksanakan proses pembelajaran dengan pedoman yang terdapat di dalam (RPP) yang telah dibuat oleh guru sebelum proses pembelajaran. 3. Pelaksanaan evaluasi pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) pada mata pelajaran PAI ini dilaksanakan dengan kegiatan evaluasi yang dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui sejauh mana proses pembelajaran telah mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Dan dapat diketahui bahwa setelah melaksanakan model pembelajaran kooperatif tipe numbered head together (NHT) ini siswa menjadi aktif dan antusias selama mengikuti pembelajaran dan juga penyampaian pembelajaran juga tersampaikan dengan baik. Sedangkan Kegiatan evaluasi pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran inkuiri ini dilaksanakan dilaksanakan ketika proses pembelajaran sedang berlangsung untuk mengetahui secara langsung kemampuan siswa dan perkembangan siswa selama proses pembelajaran. Hal tersebut terbukti dari setelah siswa mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran inkuiri siswa menjadi tumbuh semangat belajarnya dan juga siswa yang awalnya di dalam kelas kurang aktif dalam pembelajaran menjadi aktif mengikuti proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:35
Last Modified: 02 Feb 2023 01:35
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18347

Actions (login required)

View Item View Item