Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018

Permatasari, Khoiriyah Medita (2018) Manajemen Pembiayaan dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khoiriyah Medita Permatasari_084 143 010.pdf

Download (6MB)

Abstract

Dalam meningkatkan mutu pendidikan di era modern ini tentu memerlukan manajemen pembiayaan yang baik. Hal ini dilakukan untuk menfasilitasi dan diperlukan memenuhi kebutuhan siswa dalam kegiatan belajar mengajar di madrasah. Di dalam sebuah lembaga tidak lepas dari permasalahan-permasalahan yang harus dihadapi, salah satunya kurangnya dana untuk pengembangan dan pembangunan madrasah. Oleh karena itu, untuk mengatasi hal tersebut perlu adanya manajemen pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan. Fokus penelitian ini adalah: (1) Bagaimana mengidentifikasi sumber-sumber pemasukan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? (2) Bagaimana proses mengalokasikan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? (3) Bagaimana mekanisme pertanggungjawaban pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan sumber-sumber pemasukan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. (2) Mendeskripsikan proses mengalokasikan pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. (3) Mendeskripsikan mekanisme pertanggungjawaban pembiayaan dalam meningkatkan mutu pendidikan di Madrasah Aliyah Negeri Bondowoso Tahun Pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian menggunakan purposive dan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dengan langkah reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian: (1) MAN Bondowoso terdapat beberapa sumber pembiayaan yaitu dana pemerintah, dana infaq orang tua dan dana swadaya (koperasi siswa, tempat fotocopy siswa, kantin putra dan putri) yang dikelola tim komite, dan dana infaq guru, karyawan dan siswa. (2) dana pemerintah dialokasikan sesuai dengan RKM (Rencana Kegiatan Madrasah), dana komite dialokasikan untuk membiayai peningkatan mutu yang tidak bisa dibiayai oleh dana pemerintah, dana infaq dialokasikan untuk pengembangan pembangunan madrasah dan untuk bantuan siswa yang kurang mampu seperti bedah rumah, sepeda ontel dan bantuan lainnya. (3) laporan pertanggungjawaban dana pemerintah yaitu langsung keatasan paling lambat tanggal 10, laporan dana komite yaitu setiap akhir pekan Kepala Madrasah, guru dan karyawan mengadakan evaluasi, dan laporan pertanggungjawaban dana infaq itu setiap bulannya direkap dan diumumkan, infaq yang terbanyak mendapatkan hadiah dari madrasah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 01:51
Last Modified: 02 Feb 2023 01:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18350

Actions (login required)

View Item View Item