Pengaruh Metode Mnemonik dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Menghafal Cepat Qs. Al Balad di TPQ Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan.

Hudin, Kholis (2021) Pengaruh Metode Mnemonik dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Menghafal Cepat Qs. Al Balad di TPQ Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Kholis Hudin_0849319058.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Mnemonik, Motivasi, Hasil Belajar. Pembelajaran merupakan suatu proses interaksi antara guru dan siswa atas dasar hubungan timbal-balik yang berlangsung dalam situasi edukatif untuk mencapai tujuan tertentu. Penerapan sistem belajar yang kurang tepat membuat peserta didik sulit untuk memahami materi. Akibatnya adalah materi tidak dapat diingat dalam jangka waktu yang lama. Metode Mnemonik adalah salah satu cara yang dapat diterapkan dalam mempelajari materi yang membutuhkan banyak hafalan. Teknik mnemonik memanipulasi proses belajar dengan mudah dengan menggunakan prinsip-prinsip penyendiaan memori jangka panjang sehingga dapat mempermudah penyimpanan informasi belajar kedalam memori jangka panjang. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan dalam rumusan masalah, apakah terdapat perbedaan antara hasil belajar siswa yang menggunakan metode mnemonik dengan hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional. Metode penelitian ini menggunakan Quashi Experimental Design yaitu desain eksperimen semu yang memiliki kelompok kontrol namun tidak dapat berfungsi sepenuhnya dalam mengontrol variabel-variabel luar yang mempengaruhi pelaksanaan eksperimen peneliti menggunakan desain eksperimen kuasi nonequivalent group pretest posttest design. Pada desain ini, terdapat dua kelompok yang terdiri dari kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, masing-masing kelompok tersebut diberikan pretest dan posttest dalam pelaksanaan pembelajaran. Analisis yang dilakukan menggunakan Analisis uji beda (uji t-test). Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software Statistical Package for the Sciences (SPSS) versi 22. Hasil Analisis menunjukkan bahwa Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pada peserta didik yang belajar menggunakan metode mnemonik dengan peserta didik yang belajar menggunakan teknik konvensional dalam menghafal cepat Qs. Al-Balad di TPQNU pada tahun pelajaran 2020/2021 dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen 18,2 dan kelas kontrol 14,2. Ada perbedaan yang signifikan hasil belajar pada peserta didik dengan motivasi belajar tinggi dan motivasi belajar rendah dalam menghafal cepat Qs. Al-Balad di TPQ Nahdlatul Ulama Lekok Pasuruan tahun pelajaran 2020/2021 dengan rata-rata hasil belajar siswa kelas eksperimen dengan motivasi belajar sangat tinggi adalah 115,8 dan motivasi belajar tinggi adalah 106,5. Rata-rata hasil belajar siswa kelas kontrol dengan motivasi belajar sedang adalah 84,3 dan motivasi belajar tinggi adalah 105,3. Hasil perhitungan menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan motivasi belajar tinggi dan sedang secara signifikan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 02:05
Last Modified: 02 Feb 2023 02:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18352

Actions (login required)

View Item View Item