Implementasi Program Tahfidzul Al-Qur’an Untuk Siswa Jilid 5 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Khovia, Khusnul (2018) Implementasi Program Tahfidzul Al-Qur’an Untuk Siswa Jilid 5 di Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Khusnul Khovia_084 144 017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Al-Qur’an menjadi pegangan hidup bagi manusia, baik yang menyangkut urusan dunia ataupun akhirat. Dalam Al-Qur’an ada banyak ayat yang menjelaskan bagaimana hidup bermasyarakat, bagaimana berhubungan dengan komunitas masyarakat, dan toleransi agama. Tidak hanyak itu Al-Qur’an juga mengajarkan agar kehidupan di dunia ini menjadi washillah atau jalan menuju kehidupan yang lebih abadi, yakni kehidupan akhirat. Dengan kata lain, harus ada keseimbangan antara kehidupan dunia dan akhirat.. Fokus penelitian dalam skripsi ini 1) Bagaimana perencanaan implementasi program tahfidzul Al-Qur’an untuk siswa jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ? 2). Bagaimana pelaksanaan implementasi program tahfidzul Al- Qur’an untuk siswa jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ? 3). Bagaimana evaluasi implementasi program tahfidzul Al-Qur’an untuk siswa jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 ? Tujuan peneliti ini 1). Untuk mendeskripsikan perencanaan implementasi program tahfidzul Al-Qur’an untuk siswa jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2). Untuk mendeskripsikan implementasi program tahfidzul Al-Qur’an untuk siswa jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3). Untuk mendeskripsikan evaluasi implementasi program tahfidzul Al-Qur’an untuk siswa jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dalam menentukan sumber data menggunakan purposive sampling. Untuk mengumpulkan data digunakan metode sebagai berikut : a) Observasi, b) Wawancara dan c) Dokumenter. Analisis data menggunakan analisis data kualitatif deskriptif dengan langkah-langkah: reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan/verifikasi. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian ini adalah (1) Perencanaan implementasi program tahfidzul Al-Qur’an untuk siswa jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2018/2019 yaitu penentuan tujuan: mempermudah peserta didik menghafal surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin, menambah hafalan surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin, menanamkan cinta Al- Qur’an sejak dini dan membaca surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin sesuai makhraj dan tajwid. penentuan isi materi: surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin. Penentuan metode: metode tilawati. penentuan media: Juz ‘Amma, Al-Qur’an dan Murottal. penentuan evaluasi: setoran harian dan kenaikan surat. (2) Pelaksanaan implementasi program tahfidzul Al-Qur’an untuk siswa jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2018/2019 yaitu digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix pelaksanaan tujuan: sesuai dengan perencanaan yaitu memudahkan dalam menghafal surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin, menambah hafalan surat AlInsyiqaq dan Al-Muthoffifin, membaca surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin sesuai makhraj dan tajwid. penyampaian materi: materi yang disampaikan sesuai dalam perecanaan yaitu ustadz membaca surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin 2 dan 3 ayat. Pelaksanaan metode: sesuai dengan perencanaan yaitu menggunakan metode tilawati dengan mendengarkan, menirukan, membaca bersama-sama dan membaca berulang-ulang, setoran materi sebelumnya dan materi yang baru. Penggunaan media: penggunaan media sesuai dengan perencaanaan yaitu Juz ‘Amma, Al-Qur’an dan murottal. Penggunaan media: peserta didik membuka Juz ‘Amma, menyimak bacaan ustadz. Dan murottal untuk mendengarkan surat AlInsyiqaq dan Al-Muthoffifin. Pelaksanaan evaluasi: sesuai dengan perencaanaan yaitu setoran hafalan harian, akhir pembelajaran dan kenaikan surat. (3) Evaluasi implementasi program tahfidzul Al-Qur’an untuk siswa jilid 5 di MI Muhammadiyah 02 Pontang Ambulu Kabupaten Jember Tahun 2018/2019 yaitu evaluasi tujuan: tujuannya sudah maksimal dalam menghafal surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin. Evaluasi materi: target materi jilid 5 yaitu menghafal surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin tidak mengalami kesulitan. Materi untuk jilid 5 Surat Al-Insyiqaq dan Al-Muthoffifin sesuai dengan perencanaan dan pelaksanaan. Evaluasi metode: pelaksanaannya ditambah dengan metode takrir. Evaluasi media: media yang digunakan sesuai yaitu dengan menggunakan media Juz ‘Amma, Al-Qur’an pojok dan murottal. Evaluasi formatif: evaluasi formatif yang dilakukan setiap akhir pembelajaran dan kenaikan surat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:53
Last Modified: 02 Feb 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item View Item