Competitive Advantage Produk Purnadana Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PT. Asuransi BRI Life Jember.

Choiriyah, Lailatul (2019) Competitive Advantage Produk Purnadana Syariah Dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah Pada PT. Asuransi BRI Life Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Choiriyah_E20151226.pdf

Download (7MB)

Abstract

Competitive Advantage adalah segala sesuatu yang dilakukan dengan sangat baik oleh sebuah perusahaan dibanding dengan pesaingnya. Ketika suatu perusahaan dapat melakukan sesuatu sedang perusahaan lainnya tidak dapat atau memiliki sesuatu yang diinginkan pesaingnya, maka hal tersebut menggambarkan keunggulan kompetitif. Fokus penelitian yang diteliti adalah: pertama bagaimana strategi bersaing yang dilakukan oleh PT. Asuransi BRI Life Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah? Kedua bagaimana competitive advantage produk purnadana syariah pada PT. Asuransi BRI Life Jember?. Tujuan penelitian ini adalah : pertama untuk mendeskripsikan strategi bersaing yang diciptakan oleh perusahaan PT. Asuransi BRI Life Jember dalam meningkatkan jumlah nasabah, kedua untuk menganalisis competitive advantage produk purnadana syariah pada PT. Asuransi BRI Life Jember. Metode dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif. Untuk memeriksa keabsahan data maka peneliti menggunakan teknik trianggulasi. Hasil penelitian yang telah dilakukan adalah pertama dalam usaha PT. Asuransi BRI Life Jember menciptakan strategi bersaing yang dilakukan dengan menggunakan desain produk, teknik menjual, kualitas produk dan kualitas pelayanan di semua kantor baik pelayanan dalam menyampaikan kepada nasabah maupun pelayanan yang lain. Sedang strategi yang digunakan untuk meningkatkan jumlah nasabah menggunakan pelayanan, pemasaran dan promosi, pelayanan menggunakan pelayanan purna jual sedangkan untuk pemasaran dan promosi adalah merencanakan target marketnya, penggunaan teknologi seperti website, brosur serta media sosial. Kedua, competitive advantage produk purnadana syariah adalah dilihat dari keunggulan produknya konstribusi yang terjangkau serta investasi yang lebih maksimal. Kinerja pemasaran dengan pertumbuhan penjualan, nilai penjualan, dan porsi pasar. Reputasi perusahaan bisa dilihat dari inovasi produk yang dilakukan, selain itu membangun kepercayaan kepada nasabah dengan rasa tanggung jawab dan membantu ketika nasabah mengalami kesulitan. Kualitas produk yaitu investasi yang aman dan menguntungkan nasabah, gratis switching 3 kali dalam setahun, gratis medical check up, gratis penarikan sebagian atau seluruh investasi. Untuk mendapatkan SDM yang berpotensi perusahaan memberikan pembinaan-pembinaan, mereka juga disekolahkan pada pendidikan marketing, pelatihan khusus, serta perubahan sistem untuk menghindari ancaman dan peluang pihak luar. Kata Kunci : Competitive Advantage, Purnadana Syariah, Peningkatan jumlah nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180106 Comparative Law
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:53
Last Modified: 02 Feb 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18355

Actions (login required)

View Item View Item