Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan.

Ati, Lila Tri Napi (2019) Pengaruh Pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Penerapan Good Corporate Governance Terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lila Tri Napi Ati_E20153024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, perkembangan teknologi yang semakin maju dan modern menimbulkan persaingan yang sangat kompetitif dalam dunia usaha. Efek dari persaingan tersebut mengharuskan setiap perusahaan berlomba-lomba untuk menjaga serta meningkatkan kinerja perusahaan. Keterkaitan perusahaan dalam daerah lingkungan sosialnya membuat terpenuhinya pertanggungjawaban sosial perusahaan (Corporate Social Responsibility (CSR)). Penerapan Good Corporate Governance (GCG) yang baik dan sesuai dengan peraturan yang berlaku akan membuat investor merespon secara positif terhadap kinerja perusahaan. Good Corporate Governance (GCG) dan Corporate Social Responsibility (CSR) adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki kedudukan penting dalam praktik bisnis dan saling berhubungan satu sama lain. Salah satu prinsip pelaksanaan GCG adalah responsibility. Prinsip ini sebagai bentuk tanggung jawab sosial yang berorientasi kepada stakeholders. Berdasarkan rumusan masalah diatas maka dapat dirumuskan : (1) Apakah pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Penerapan Good Corporate Governance berpengaruh signifikan secara parsial terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan (ROA). (2) Apakah pengungkapan Corporate Social Responsibility dan Penerapan Good Corporate Governance berpengaruh signifikan secara simultan terhadap Kinerja Keuangan Perusahaan. Tujuan penelitian ini yaitu : (1) Untuk menguji pengungkapan Corporate Social Responsibility dan penerapan Good Corporate Governance berpengaruh signifikan secara parsial terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROA). (2) Untuk menguji pengungkapan Corporate Social Responsibility dan penerapan Good Corporate Governance berpengaruh signifikan secara simultan terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROA). Pendekatan penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan jenis penelitian assosiatif. Populasi penelitian ini adalah perusahaan manufaktur subsektor rokok yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2018 sebanyak 4 perusahaan dengan penarikan sampel menggunkan metode sampling Jenuh yang artinya teknik penentuan sampel bila semua anggota populasi digunakan sebagai sampel. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian adalah menggunkan analisis linear berganda dengan bantuan program SPSS Statistic 20. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : (1) Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) tidak berpengaruh terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROA), Penerapan Good Corporate Governance yang diukur dengan Ukuran Dewan Direksi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan. (2) Pengungkapan Corporate Social Responsibility (CSR) dan Penerapan Good Corporate Governance yang di ukur dengan Ukuran Dewan Direksi secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja keuangan perusahaan (ROA). Kata kunci : Corporate Social Responsibility, Good Corporate Governance, Kinerja Keuangan Perusahaan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:53
Last Modified: 02 Feb 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18359

Actions (login required)

View Item View Item