Implementasi Pengelolaan Program Sistem Informasi Sekolah Terpadu dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik di SMK Negeri 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Ningsih, Linda Septia (2018) Implementasi Pengelolaan Program Sistem Informasi Sekolah Terpadu dalam Meningkatkan Disiplin Peserta Didik di SMK Negeri 01 Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Linda Septia Ningsih_084 143 07.pdf

Download (30MB)

Abstract

SMK Negeri 01 Jember merupakan salah satu sekolah yang menerapkan program sistem informasi sekolah terpadu melalui absensi online untuk meningkatkan disiplin peserta didik. Program sistem informasi sekolah terpadu melalui absensi online merupakan program yang unik dan tidak semua sekolah yang peneliti temui menggunakan program tersebut, karena program ini bertujuan untuk memberikan informasi mengenai kehadiran peserta didik disekolah. Dalam hal ini terdapat tiga isu utama yang menjadi fokus penelitian, yaitu (1) Bagaimana implementasi pengelolaan program sistem informasi sekolah terpadu dalam mengatur kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik di SMKN 01 Jember: (2) Bagaimana implementasi pengelolaan program sistem informasi sekolah terpadu dalam memberi hukuman ketidakhadiran peserta didik di SMKN 01 Jember? (3) Bagaimana implementasi pengelolaan program sistem informasi sekolah terpadu dalam membina disiplin peserta didik di SMKN 01 Jember? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan melakukan penelitian studi kasus. Penelitian ini dilakukan menggunakan observasi nonpartisipan, wawancara semiterstruktur, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Data dianalisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data dilihat dari triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil temuan penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) Pengaturan kehadiran dan ketidakhadiran peserta didik melaui absensi online dalam program sister yaitu untuk memberikan informasi kepada orang tua peserta didik secara langsung melalui SMS, tentang masuk tidaknya peserta didik disekolah. (2) Pemberian hukuman ketidakhadiran peserta didik di SMKN 01 Jember masih mempertimbangkan untuk pelanggaran ringan dengan secara lisan dan pelanggaran berat dengan pemberitahuan orang tua peserta didik melalui program sister. (3) Pembinaan peserta didik dalam meningkatkan disiplin peserta didik yaitu dengan menerapkannya program sistem informasi sekolah terpadu, dan adanya kerjasama antara guru dengan peserta didik dan orang tua peserta didik. Kata Kunci: Program Sistem Informasi Sekolah Terpadu melalui Absensi online, Disiplin Peserta Didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:53
Last Modified: 02 Feb 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18360

Actions (login required)

View Item View Item