Pola Komunikasi Dalam Membentuk Keluarga Sakinah (Studi Terhadap dua Pernikahan Dini Di Desa Sumber Duren Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo)

Hakim, Lukman (2015) Pola Komunikasi Dalam Membentuk Keluarga Sakinah (Studi Terhadap dua Pernikahan Dini Di Desa Sumber Duren Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Lukman Hakim_082 101 023.pdf

Download (855kB)

Abstract

Dalam lingkungan keluarga, komunikasi merupakan suatu hal yang sangat penting, di mana komunikasi sebagai alat atau sebagai media dalam hubungan antar sesama anggota keluarga. Buruknya kualitas komunikasi dalam keluarga akan berdampak buruk pula bagi keutuhan dan keharmonisan dalam keluarga itu sendiri. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah, Bagaimana pola komunikasi dalam membentuk keluarga sakinah (studi terhadap dua pernikahan dini di Desa Sumber Duren Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo), Sub Fokus Masalah, 1) Bagaimana pola komunikasi ideal dalam membentuk keluarga sakinah, 2) Apa saja hambatan dalam menjadikan pola komunikasi yang ideal pada pernikahan dini, 3) Bagaimana upaya pasangan pernikahan dini dalam mengatasi hambatan komunikasi. Tujuan umum dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pola komunikasi dalam membentuk keluarga sakinah (studi terhadap dua Pernikahan dini di Desa Sumber Duren Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo). Sedangkan tujuan khusus penelitian ini, 1) mendeskripsikan pola komunikasi ideal dalam membentuk keluarga sakinah, 2) mendeskripsikan hambatan dalam menjadikan pola komunikasi yang ideal pada pernikahan dini, 3) mendeskripsikan upaya pasangan pernikahan dini dalam mengatasi hambatan komunikasi. Dalam menyusun penelitian ini, metode yang digunakan oleh peneliti adalah metode penelitian kualitatif deskriptif, Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, interview dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis yang mengarah pada penggambaran. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah, 1) pola komunikasi Interaksional yang paling banyak digunakan dalam membentuk keluarga yang sakinah pada pernikahan dini di Desa Sumber Duren Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo, 2) Hambatan Komunikasi dalam membentuk keluarga sakinah terhadap dua pernikahan dini di desa Sumber Duren Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo Yaitu terjadinya kesalahpahaman, dan hadirnya pihak ketiga, 3) Upaya mengatasi hambatan komunikasi dalam membentuk keluarga sakinah terhadap dua pernikahan dini di desa Sumber Duren Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo yaitu dengan cara terbuka kepada pasangan mereka, dan membangun kepercayaan di antara suami istri serta bersikap positif dalam hal apapun.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2099 Other Language, Communication and Culture > 209999 Language, Communication and Culture not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:53
Last Modified: 02 Feb 2023 07:53
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18362

Actions (login required)

View Item View Item