Mufida, Luthfi (2018) Implementasi Strategi Pembelajaran Student Centered Learning Dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa di Kelas 4 SD Al-Baitul Amien Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Luthfi Mufida_084 144 033.pdf Download (2MB) |
Abstract
Menurut observasi awal, Keunikan dari strategi pembelajaran student centered learning saat pelajaran Bahasa Arab yang penulis temui saat di kelas 4b yaitu melibatkan siswa sepenuhnya dalam pembelajaran, guru hanya menjelaskan ketika siswa tidak faham. Selain itu kegiatan belajar mengajar siswa terlihat antusias dan senang dalam mengikuti pelajaran Bahasa Arab dengan strategi pembelajaran student centered learning. Hal itu di dukung guru memberikan motivasi kepada siswanya ketika pelajaran berlangsung. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut, maka fokus penelitian ini adalah: Bagaimana implementasi strategi pembelajaran student Centered Learning dalam belajar membangun motivasi intrinsik dan ekstinsik siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SD Baitul Amin? Tujuan Penelitian ini adalah: Mengetahui implementasi strategi pembelajaran student centered learning dalam membangun motivasi belajar intrinsik dan ekstrinsik siswa pada mata pelajaran Bahasa Arab di SD Al-Baitul Amien.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis field research. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu : observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dengan model Miles and Huberman, dengan langkahlangkah yaitu: reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang digunakan yaitu triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian : a) Proses pembelajaran dan pengimplementasian strategi student centered learning sama seperti yang tercantum di RPP(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran). Bentuk pengimplementasian strategi student centered learning dengan memberi umpan pertanyaan dengan pertanyaan Bahasa Arab sebelum pelajaran di mulai dan ketika menjelaskan pelajaranpun seperti itu, kecuali ketika mereka tidak mengerti baru saya jelaskan secara detail. Selain menerapkan strategi student centered learning itu saya juga memotivasi anak- anak agar mau belajar Bahasa Arab karena Bahasa Arab adalah bahasa surga dan bahasa al-quran kita selain itu saya juga berbicara Bahasa Arab yang shahih dan lancar tujuannya agar anak-anak ada motivasi dalam dirinya sendiri untuk berbicara Bahasa Arab dan mau belajar Bahasa Arab. b) Selain mengimplementasikan strategi pembelajaran student centered learning guru juga memberi motivasi berupa hadiah, pujian, dan hukuman, hukumannya yaitu ketika siswa tidak bisa menjawab soal maka siswa disuruh untuk berdiri sebentar lalu siswa yang lain memberi tau jawaban yang benar, setelah bisa menjawab baru diperbolehkan duduk.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 07:53 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 07:53 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18363 |
Actions (login required)
View Item |