Internalisasi Nilai Akhlak dalam Kitab Ta’lim alMuta’allim pada Santri Pondok Pesantren Nurur Rahmah Probolinggo

Hikmah, Mahabbatul (2021) Internalisasi Nilai Akhlak dalam Kitab Ta’lim alMuta’allim pada Santri Pondok Pesantren Nurur Rahmah Probolinggo. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Mahabbatul Hikmah_T20171227.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci: internalisasi, nilai akhlak, kitab Ta’lim al-Muta’allim Kitab Ta’lim al-Muta’allim merupakan kitab populer di kalangan pesantren. Kitab ini berkembang sangat pesat karena isinya sangat berpengaruh dalam membentuk sikap para santri untuk menjadi santri-santri yang pandai, baik dari belajar, berteman serta menghormati orang tua dan guru. Fokus dalam penelitian ini antara lain: (1) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim pada santri pondok pesantren Nurur Rahmah Probolinggo? (2) Bagaimana relevansi nilai-nilai dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim pada santri pondok pesantren Nurur Rahmah Probolinggo dalam pendidikan saat ini? Tujuan penelitian ini antara lain: (1) untuk mengetahui proses internalisasi nilai-nilai akhlak dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim pada santri pondok pesantren Nurur Rahmah Probolinggo, (2) untuk mengethui relevansi nilai-nilai dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim pada pada santri pondok pesantren Nurur Rahmah Probolinggo dalam pendidikan saat ini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek penelitian/informan menggunakan teknik purposive dan teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini adalah dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tiga langkah yakni kondensasi, penyajian data dan menarik kesimpulan sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukan bahwa proses internalisasi nilai akhlak dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim pada santri pondok pesantren Nurur Rahmah dilakukan dengan tiga tahapan. Pertama, tahap transformasi nilai, yakni proses menginformasikan nilai-nilai yang baik dan kurang baik. Kedua tahap transaksi nilai. Tahapan ini berarti proses penginternalisasian nilai melalui komukasi dua arah sehingga terjadi proses interaksi. Ketiga tahap trans-internalisasi. Pada tahapan ini proses internalisasi dilakukan dengan cara memberikan teladan. Nilai-nilai dalam kitab Ta’lim al-Muta’allim yang dikaji di pondok pesantren Nurur Rahmah relevan dengan Undang-undang Nomor 20 tahun 2003 tentang tujuan pendidikan nasional di Indonesia, yakni bertujuan untuk mengembangkan peserta didik menjadi manusia beriman, bertakwa dan memiliki akhlak yang mulia. Namun, dalam konteks pendidikan saat ini lembaga pendidikan lebih menfokuskan pada ilmu pengetahuan umum saja sehingga memungkinkan tidak tercapainya tujuan pendidikan nasional sebagaimana dalam undang-undang. Pondok Pesantren Nurur Rahmah hadir dengan kajian kitab Ta’lim al-Muta’allim untuk membangun karakter santri yang beriman, bertakwa dan berakhlakul karimah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:52
Last Modified: 02 Feb 2023 07:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18368

Actions (login required)

View Item View Item