Kholidah, Maya (2018) Manajemen Pembelajaran Bimbingan Membaca Kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Maya Kholidah_084143030.pdf Download (38MB) |
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran, haruslah adanya sebuah kegiatan manajemen, karna dengan adanya kegiatan manajemen yang baik dan benar. Akan mempermudah guru maupun peserta didik dalam proses pembelajaran. berdasarkan hal tersebut peneliti melakukan penelitian di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember dimana lembaga ini merupakan lembaga yang menerapkan pembelajaran bimbingan membaca kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah. Fokus masalah yang diteliti di skripsi ini adalah: 1). Bagaimana perencanaan pembelajaran bimbingan membaca kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran bimbingan membaca kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018?, 3). Bagaimana evaluasi pembelajaran bimbingan membaca kitab Al-Mabadi AlFiqhiyyah di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah: 1).Untuk mengetahui Bagaimana perencanaan pembelajaran bimbingan membaca kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018, 2) untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan bimbingan membaca kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018, 3). Untuk mengetahui Bagaimana evaluasi pembelajaran bimbingan membaca kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, peneliti ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, menganalisis pelaksanaan pembelajaran bimbingan membaca kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah di SMP Plus Al-Amien Sabrang Ambulu Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi, sedangkan untuk menentukan keabsahan data dengan tekhnik trianggulasi sumber dan metode. Penelitian ini memperoleh kesimpulan, yaitu: 1). Perencanaan pembelajaran bimbingan membaca kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah untuk langkah pertama menggunakan analisis kemampuan awal peserta didik, dengan adanya tes BTA (baca tulis al-qur’an), kedua mengembangkan materi pembelajaran dengan adanya tambahan materi mengenai materi bacaan tahlil dan tambahan refrensi dari buku lain, ketiga mengembangkan media, dengan menggunakan LCD sebagai tambahan ketika diperlukan. 2). pelaksanaan pembelajaran bimbingan membaca kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah yang pertama memulai pembelajaran dengan mengucapkan salam dan dilanjutkan do’a bersama, kemudian apersepsi berupa motivasi, kedua penyampaian materi dengan tidak monoton atau bervariasi dan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id ix dengan canda tawa. strategi pembelajaran yang diterapkan yaitu kooperatif, dan metode pembelajaran yaitu dengan cara ceramah, sorogan dan bandongan, sedangkan supervisi kepala sekolah dengan melakukan keliling yang dilakukan oleh kepala sekolah untuk melihat proses pembelajaran yang terjadi. 3). Evaluasi pembelajaran bimbingan membaca kitab Al-Mabadi Al-Fiqhiyyah pertama, pengukuran kemampuan siswa dengan adanya UTS (ujian tengah semester) dan UAS (ujian akhir semester). kedua identifikasi kesenjangan dengan melihat latar belakang siswa, yang tidak semuanya bisa menulis dan membaca pego denga baik dan benar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 07:52 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 07:52 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18372 |
Actions (login required)
View Item |