Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pengajuan dan Pembayaran Klaim Meninggal Dunia di AJB Bumiputera 1912 Cabang Jember.

Putri, Megawati Siliwani (2019) Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Pengajuan dan Pembayaran Klaim Meninggal Dunia di AJB Bumiputera 1912 Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maya Safitri_T20157017.pdf

Download (29MB)

Abstract

Sistem informasi akuntansi menurut Steven A. Moscove dalam Zaki Baridwan, adalah suatu komponen organisasi yang mengumpulkan, menggolongkan, mengolah, mengalisa, dan mengkomunikasikan informasi keuangan yang relevan untuk pengambilan keputusan kepada pihak-pihak luar (seperti inspeksi pajak, investor dan kreditur) dan pihak-pihak dalam (terutama manajemen). Dapat disimpulkan bahwa sistem informasi akuntansi merupakan suatu kelompok dimana di dalamnya terdapat berbagai macam sumber dan juga manusia yang memiliki tugas untuk menyiapkan suatu informasi, tujuannya untuk mempermudah dalam pengambilan keputusan. Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana implementasi sistem informasi akuntansi pengajuan dan pembayaran klaim meninggal dunia pada AJB Bumiputera 1912 cabang Jember ? 2) Apa saja faktor kendala implementasi sistem informasi akuntansi di AJB pengajuan dan pembayaran klaim meninggal dunia pada AJB Bumiputera 1912 cabangJember ? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi sistem informasi akuntansi pengajuan dan pembayaran klaim meninggal duniapada AJB Bumiputera 1912 cabang Jember, Untuk mengetahui apa saja faktor kendala implementasi sistem informasi akuntansi (SIA) di AJB Bumiputera 1912 cabang Jember. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan subyek penelitian Asuransi Jiwa Bersama (AJB) Bumiputera1912 cabang Jember. Pengumpulan data dilakukan dengan Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan memberikan makna terhadap data yang berhasil dikumpulkan, dan dari makna tersebut ditarik kesimpulan. Pemeriksaan keabsahan data dengan triangulasi metode. Peneliti memperoleh kesimpulan yakni dalam implementasi sistem informasi akuntansi pengajuan dan pembayaran klaim meninggal dunia di AJB Bumiputera 1912 Cabang Jember SOP yang diterapkan masih kurang efektif terutama dalam penanganan pengajuan klaim meninggal dunia yang dalam masa observasi. Karena belum dipastikan secara jelas seberapa lama waktu masa observasi dinyatakan valid, baik minimal maupun maximal. Untuk sistem informasi proses pembayaran dana klaim meninggal dunia hanya dapat dilakukan di kantorpusat Jakarta. Kantor AJB Bumiputera 1912 Cabang Jember hanya melayani nasabah AJB Bumiputera 1912 yang akan mengajukan klaim. Agar proses klaim berjalan lancar, setiap pengisian formulir pihak AJB Bumiputera akan membimbing nasabahnya, supaya data terisi dengan benar. Penggunaan dokumen atau formulir dalam prosedur pengajuan klaim masih manual yakni masih melakukan penulisan dengan tangan. Meskipun dokumen-dokumen tersebut akan discan sebelum diproses melalui internet. Kata Kunci : Sistem Informasi Akuntansi, Klaim

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1501 Accounting, Auditing and Accountability > 150111 Accounting System (incl. Accounting Information System)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:54
Last Modified: 02 Feb 2023 07:54
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18373

Actions (login required)

View Item View Item