Safitri, Maya (2019) Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas IX dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Materi Statistika Berdasarkan Gaya Belajar di SMP Negeri 1 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
Maya Safitri_T20157017.pdf Download (29MB) |
Abstract
Salah satu ciri khas matematika adalah masalah matematika. Dalam penyelesaian masalah matematika identik dengan penggunaan simbol dan jawaban yang runtut. Namun, banyak siswa terkadang tidak begitu memperdulikan tatanan dalam menjawab ataupun penggunaan simbol yang mereka gunakan. Hal ini mengindikasikan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa masih belum mencapai hasil yang maksimal. Salah satu yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa adalah cara konsisten yang dilakukan oleh siswa dalam menangkap stimulus atau informasi, cara mengingat, berfikir dan menyelesaikan suatu masalah, atau biasa disebut gaya belajar. Secara umum terdapat tiga gaya belajar yaitu, gaya belajar visual, gaya belajar audiotori, dan gaya belajar kinestetik. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar visual dalam menyelesaikan masalah matematika materi statistika kelas IX di SMP Negeri 1 Jember, 2) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar audiotori dalam menyelesaikan masalah matematika materi statistika kelas IX di SMP Negeri 1 Jember, 3) Mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa dengan gaya belajar kinestetik dalam menyelesaikan masalah matematika materi statistika kelas IX di SMP Negeri 1 Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penentuan subyek dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Subyek penelitian ini berjumlah enam orang siswa yang dipilih berdasarkan gaya belajar, terdiri dari dua siswa gaya belajar visual, dua siswa gaya belajar audiotori, dan dua siswa gaya belajar kinestetik. Pengumpulan data menggunakan angket atau kuisioner, tes kemampuan komunikasi, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model Miles dan Huberman melalui empat tahapan yaitu, pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunkan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan gaya belajar visual mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan gaya belajar audiotori mampu memenuhi tiga dari empat indikator kemampuan komunikasi matematis. Siswa dengan gaya belajar kinestetik mampu memenuhi semua dari empat indikator kemampuan komunikasi matematis. Kata Kunci :Komunikasi Matematis, Menyelesaikan Masalah Matematika, Statistika, Gaya Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ms Diva Magang |
Date Deposited: | 02 Feb 2023 07:51 |
Last Modified: | 02 Feb 2023 07:51 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18374 |
Actions (login required)
View Item |