Rochma, Ilma Nikmatul (2020) Pelaksanaan Pendidikan Inklusi di Sekolah Dasar Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Ilma Nikmatul Rochma_T20164023.pdf Download (4MB) |
Abstract
Pendidikan inklusi penting bagi anak berkebutuhan khusus (ABK) yang mengikutsertakan anak regular dalam satu kelas yang sama. Pendidikan ini masih jarang diterapkan pada tingkat sekolah dasar pada umumnya. Akan tetapi, di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember sudah mampu melaksanakan program pendidikan inklusi ini dengan baik. Dalam pelaksanaan pendidikan inklusi, sudah mampu menangani dan memahami setiap karakteristik ABK. Pendidikan inklusi di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember tidak hanya melibatkan guru kelas, tetapi juga melibatkan guru pendamping, yang keduanya saling bekerjasama dengan baik (metode two teachers). Jenis pembelajaran inilah yang menjadi kunci untuk terbentuknya pendidikan inklusi. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Al-irsyad Al-islamiyah Jember tahun pelajaran 2019/2020?; 2) Bagaiamana kolaborasi antara guru kelas dengan guru pendamping pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Al-irsyad Al-islamiyyah Tahun pelajaran 2019/2020?. Adapun untuk mendeskripsikan tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Al-irsyad Al-islamiyah Jember Tahun pelajaran 2019/2020; 2) Mendeskripsikan kolaborasi antara guru kelas dengan guru pendamping pendidikan inklusi di Sekolah Dasar Al-irsyad Al-islamiyyah Jember Tahun pelajaran 2019/2020. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis menggunakan dengan metode deskriptif. Penentuan informan menggunakan teknik Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Lokasi penelitian ini di SD Al-Irsyad Al-Islamiyyah Jember. Adapun analisis data menggunakan konsep dari Milles dan Hubeberman yaitu Pengumpulan data, Kondensasi data, Penyajian data, dan Kesimpulan. Sedangkan Keabsahan menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini: 1) Pelaksanaan pembelajarannya menggunakan model pembelajaran Two Teachers (dua guru) yaitu guru kelas dan guru pendamping, pelaksanaan pembelajarannya menggunakan model kelas pull out yaitu anak berkebutuhan khusus dari kelas pindah ke ruang terapi; 2) Kolaborasi antara guru kelas dengan guru pendamping pendidikan inklusi, yaitu guru kelas dengan guru pendamping bekerjasama dalam hal penyampaian materi yang akan di ajarkan kepada peserta didik ABK, guru pendamping menyampaikan materi menggunakan komunikasi interpersonal, artinya guru pendamping khusus menjelaskan kembali kepada peserta didik ABK. Disamping itu, media yang digunakan adalah media pembelajaran yang bersifat privat, media tersebut adalah potongan angka berupa kertas dan diberi stik untuk memegang. Selain itu, media yang lain berupa video mengunakan alat lcd.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 21 Apr 2021 03:31 |
Last Modified: | 21 Apr 2021 03:31 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1838 |
Actions (login required)
View Item |