Perilaku Kepemimpinan Kiai Dalam Pengembangan Kewirausahaan Pesantren (Studi Multisitus di Pesantren Modern Al-Ishlah Bondowoso Pesantren Modern Ihyaus Sunnah Al-Hasany Jember Dan Pesantren Salafiyah Abu Zairi Bondowoso).

Hasan, Moh. Mahrus (2022) Perilaku Kepemimpinan Kiai Dalam Pengembangan Kewirausahaan Pesantren (Studi Multisitus di Pesantren Modern Al-Ishlah Bondowoso Pesantren Modern Ihyaus Sunnah Al-Hasany Jember Dan Pesantren Salafiyah Abu Zairi Bondowoso). Doctoral thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Mahrus Hasan_0841915012.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Perilaku Kepemimpinan Kiai, Pengembangan Wirausaha Pesantren Kepemimpinan sebagai proses dimana seorang individu mempengaruhi sekelompok individu untuk mencapai tujuan bersama, melibatkan pencapaian tujuan dalam tugas dan fungsinya dituntut untuk memiliki kebijaksanaan dan wawasan, terampil dalam ilmu-ilmu agama, mampu menanamkan sikap dan pandangan serta menjadi suri tauladan yang baikyang dijadikan figure sumber inspirasi bagi komunitas yang dipimpinnya. pesantren memiliki modal pengembangan wirausaha, baik yang berwujud (tangible) seperti uang, barang, dan tempat usaha, maupun yang tidak berwujud (intangible) seperti modal intelektual, modal sosial, modal moral, dan modal mental sehingga perlu sosok kepemimpinan dalam pengembangan wirausaha pesantren. Fokus penelitian ini yaitu: 1. Bagaimana perilaku komunikasi kiai dalam pengembangan kewirausahaan Pesantren? 2. Bagaimana perilaku motivasi kiai dalam pengembangan Kewirausahaan Pesantren 3. Bagaimana perilaku kiai membangun kreatifitas kewirausahaan Pesantren?. Tujuan dari penelitian ini adalah 1. Untuk mendeskripsikan dan menganalisa perilaku komunikasi kiai dalam pengembangan kewirausahaan Pesantren, 2. Mendeskripsikan dan menganalisa motivasi kiai dalam pengembangan Kewirausahaan Pesantren 3. Untuk mendeskripsikan dan menganalisa perilaku kiai membangun kreatifitas kewirausahaan Pesantren. Ketiga fokus tersebut diteliti dengan menggunakan teori perilaku kepemimpinan Gary Yukl, Cross Cultural Leadership Clive Dimmock dan Allan Walker dan teori komunikasi Hanson serta beberapa teori lainnya yang relevan. Penelitian ini menggunakan model pendekatan deskriptif kualitatif, dengan teknik fenomenologis, serta teknik penggalian data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Model analisis menggunakan model kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik simpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Kondensasi data merujuk pada proses pemilihan (selecting), pengerucutan (focusing), penyederhanaan (simplifiying), peringkasan (abstracting), dan transformasi data (transforming). Temuan penelitian ini adalah perilaku kepemimpinan kiai dalam mengembangkan 1). Komunikasi Kiai Kepada Santri Dalam Pengembangan Wirausaha dengan menggunakan media lisan dan tulisan baik komunikasi pada santri sebagai bawahan (Vertikal) keatas maupun lateral (Horizontal) dengan cara komunikasi antar Individu, kelompok, maupun masyarakat umum dengan garis koordinasi instruksi, Arahan, Informasi, kebijakan maupun prosedur kerja dengan menggunakan metode komunikasi yang beradab, sopan santun, mudah dimengerti, dengan pemikiran inivatif, Inspiratif, gagasan yang millennial serta memiliki opini yang brillian, mendapatkan digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id digilib.uinkhas.ac.id v umpan balik, menjadi santri kreatif, inovatif, mandiri, dapat dipercaya dan bertanggung jawab 2). Kiai memotivasi mengembangkan dengan kemampuan mengintegrasikan keterampilan berbisnis (entrepreneurial leadership)dan memiliki kualitas dan kebajikan (virtues) memberikan pengaruh besar pada struktur organisasi, kepemimpinan, manajemen, pelatihan yang disebut dengan cross cultural leadership dengan kekuatan pemimpin untuk dapat mempengaruhi santri menjadi Expert Of power (kekuasaan ahli), pola pikir, Penyemangat), Preneur (Pengusaha), Networking (Jaringan), Developing (Pengembangan) berani bertindak (dare to act), mengembangkan tim yang baik (good team leader), menjadi pendengar yang baik (eager to learning), berani mengambil risiko, (having mentori), Pikiran yang terbuka (open minded), Adanya kepercayaan (trusted). 3). Kiai membangun kreatifitas kewirausahaan, mengelola tim bekerjasama, berkomunikasi, memilki kekuasaan dan ahli dalam bernegosiasi dengan melibatkan santri, menghadirkan pelatih/mentor professiona, memilki etos kerja yang baik dengan visi, misi dan perencanaan yang matang dan mendukung santri membangun cita-cita tinggi sehingga tertanam pengetahuan, sikap, pribadi terlatih, keterampilan. Berdasarkan hasil penelitian ini, temuan formal dalam penelitian adalah Kepemimpinan Karismatik Kiai Berbasis Kewirausahaan

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:51
Last Modified: 02 Feb 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18381

Actions (login required)

View Item View Item