Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018.

Syu'aib, Moh. (2018) Implementasi Kegiatan Keagamaan dalam Membentuk Karakter Siswa di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Jember Tahun Pelajaran 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moh. Syu'aib_084 141 442.pdf

Download (5MB)

Abstract

Perkembangan peserta didik dalam suatu lembaga pendidikan perlu adanya pengarahan yang terprogram dengan harapan pihak pengelola pendidikan mampu mengarahkan kemampuan dan bakat yang dimiliki oleh peserta didik. SMA Negeri 2 Jember melakukan berbagai upaya guna memberikan pelayanan prima kepada siswa selaku objek pendidikan. Dalam mengembangkan potensi diri siswa SMA Negeri 2 Jember mengadakan Kegiatan keagamaan sebagai bentuk penyaluran bakat siswa. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019? 2) Bagaimana implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mendeskripsikan implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersifat kualitatif dengan jenis penelitiannya adalah studi lapangan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumenter. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber, teknik atau metode, dan diskusi sejawat. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter religius siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019. Pertama, Penanaman sikap religious (Siswa diajarkan untuk memahami dan melaksanakan ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing siswa. Seperti melaksanakan sholat duhur, sholat duha dan pembacaan asmaul husna), kedua, merancang agenda kegiatan keagamaan (Kegiatan yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri Jember meliputi kegitan PHBI (Isro’ mi’roj, peringatan Maulid Nabi, berqurban, zakat dll)) 2) implementasi kegiatan keagamaan dalam membentuk karakter kedisiplinan siswa di SMA Negeri 2 Jember tahun pelajaran 2018/2019, pertama, Penanaman keteladanan (Penanaman sikap teladan perlu diberikan kepada siswa sebagai wujud untuk menciptakan generasi yang bermartabat), 2) Penanaman kedisiplinan (Penanaman kedisiplinan menjadi salah satu tolok ukur bagi proses pembelajaran siswa di sekolah, apabila siswa memiliki kedisipilinan akan menjadikan proses pembelajaran menjadi kondusif).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 07:50
Last Modified: 02 Feb 2023 07:50
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18384

Actions (login required)

View Item View Item