Pembelajaran KitabAl-Minahus Saniyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Di Pesantren Kepel Ampel Wuluhan Jember

Palupi, Ali Murthodo (2020) Pembelajaran KitabAl-Minahus Saniyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih Di Pesantren Kepel Ampel Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Ali Murthodo Palupi_T20151248.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ilmu fikih merupakan salah satu cabang ilmu yang banyak mendapatkan perhatian yang cukup berharga di kalangan umat Islam. Karena ilmu fiqih merupakan pegangan hidup dalam bertindak. Baik dari hal-hal terkecil sampai masalah yang lebih besar. Eksistensi kajian ilmu fiqih yang membahas tentang syariat islam, menciptakan kehidupan manusia menjadi teratur dan terarah untuk melakukan segala tindakan. Fiqih merupakan pelajaran untuk menyiapkan, mengenalkan, memahami, menghayati dan mengamalkan hukum Islam yang kemudian menjadi pandangan hidup bagi manusia. Saat ini masih banyak terjadi dikalangan masyarakat kesalahan dalam memahami hukum Islam, dan minat masyarakat yang semakin berkurang untuk menyekolahkan anaknya ke lembaga pesantren atau Madrasah Dininiyah sehingga dalam berperilaku tidak sesuai dengan syariat islam. Fokus penelitian ini ialah (1) Bagaimana Perencanaan Materi Pembelajaran Kitab Al-Minahus Saniyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih santri? (2) Bagaimana Setrategi Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Al-Minahus Saniyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih santri? (3)Bagaimanakah Evaluasi Pembelajaran Kitab Al-Minahus Saniyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih santri? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan Perencanaan Materi Pembelajaran Kitab Al-Minahus Saniyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih (2) Mendeskripsikan Setrategi Pelaksanaan Pembelajaran Kitab Al-Minahus Saniyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih (3) Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Kitab Al-Minahus Saniyah Dalam Meningkatkan Pemahaman Fiqih. Metode penelitian ini ialah menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya mneggunakan Filed Research dengan lokasi penelitiannya Pesantren Al Ittihad Ampel Wuluhan Jember. Teknik pengumpulan datanya dengan observasi, wawancara dan studi dokumen, data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data kualitatif model interaktif Miles dan Huberman. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber. Tahapan penelitian terdiri dari pra lapangan, pelaksanaan, pelaporan dengan sistematika penulisan terdiri dari bagian awal, bagian inti dan bagian akhir. Hasil temuan dari penelitian ini yaitu: (1) perencanaan pembelajaran kitab minsahusaniyah di Pesantren kepel wuluhan jember memiliki perencanaan tetapi tidak tetulis secara detai seperti layakna lembega formal yang ada di sekolah atau intsnsi terkait. (2) pelaksanaan pembelajaran disana di laksanakan malam hari setellah sholat isya’. Dan didalam pelaksanaannya terdapat 3 tahapan yaitu tahap awal meliputi pembacaan sholawat badar, membaca Al-Fatihan 3x, ucapan salam, berdo’a awal pembelajaran dan pertanyaan tentang materi dan cirikhasnya setiap selesai pembelajaran selalu membaca sholawat badar, Al-Fatihah sebanyak tiga kali. (3) Evaluasi pembelajaran yang diterapkan dalam kitab minsahussaniyah di pesantren Al Ittihad kepel ampel wuluhan Jember yaitu menggunakan jenis evalusi diagnostik karena evaluasi dilakukan pada awal pembelajaran, tengah dan akhir pembelajaran dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan serta kelebihan dan kekurangan santri. Kata kunci: Pembelajaran, Pemahaman Fiqih

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 21 Apr 2021 03:39
Last Modified: 21 Apr 2021 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1839

Actions (login required)

View Item View Item