Analisis Modal, Luas Lahan, Dan Tenaga Kerja Terhadap Produktivitas Kopi Rakyat Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember.

Gufron, Muhammad (2019) Analisis Modal, Luas Lahan, Dan Tenaga Kerja Terhadap Produktivitas Kopi Rakyat Di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Gufron_E20152148.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kecamatan Silo merupakan salah satu sentra produksi terbesar di Kabupaten Jember. Kopi merupakan salah satu komoditas andalan dalam sektor perkebunan Indonesia. Kopi memiliki kontribusi yang cukup besar bagi perekonomian nasional khususnya sebagai sumber pendapatan bagi petani kopi, sumber devisa, penghasilan bahan baku industri, maupun penyediaan lapangan kerja melalui kegiatan pengolaan, pemasaran, dan perdagangan (ekspor dan impor). Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh modal, luas lahan dan tenaga kerja terhadap produktivitas kopi rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember secara parsial, (2) Untuk mengetahui pengaruh modal, luas lahan dan tenaga kerja terhadap produktivitas kopi rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember secara simultan?. Fokus penelitian ini adalah: (1)Apakah modal, luas lahan, dan tenaga kerja terhadap produktivitas kopi rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember secara parsial?, (2) Apakah modal, luas lahan, dan tenaga kerja terhadap produktivitas kopi rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember secara simultan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis deskriptif. Penelitian ini mengambil sampel sebanyak 100 orang dari 4.250 petani kopi rakyat. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Incidental Sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, angket, dokumentasi. Adapun analisis data menggunakanuji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda, dan uji hipotesis penelitian untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari perubahan suatu variabel terhadap variabel lainnya dengan bantuan program SPSS 22. Adapun kesimpulan dari penelitian ini: (1) Variabelmodal berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kopi rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember, (2) Variabelluas lahan berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kopi rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember, (3) Variabeltenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kopi rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember, (4) Variabel modal, luas lahan, dan tenaga kerja berpengaruh signifikan terhadap produktivitas kopi rakyat di Kecamatan Silo Kabupaten Jember. Kata kunci: Produktivitas kopi, Modal, Luas Lahan, Tenaga Kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 07 AGRICULTURAL AND VETERINARY SCIENCES > 0703 Crop and Pasture Production > 070399 Crop and Pasture Production not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 02 Feb 2023 09:33
Last Modified: 02 Feb 2023 09:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18390

Actions (login required)

View Item View Item