Integrasi Aspek Rasional dan Spiritual Beserta Implementasinya Dalam Pendidikan Islam (Kajian terhadap Al-Qur’an Surah Alu ‘Imran Ayat 190-191).

Irfan, Muhammad (2015) Integrasi Aspek Rasional dan Spiritual Beserta Implementasinya Dalam Pendidikan Islam (Kajian terhadap Al-Qur’an Surah Alu ‘Imran Ayat 190-191). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Irfan_084 101 282.pdf

Download (2MB)

Abstract

Di dalam Al-Qur’an terdapat tanda kekuasaan Allah SWT yang hendaknya dipelajari dan direnungkan. Dalam surat Alu ‘Imran ayat 190-191 memiliki kandungan (makna) tentang kebesaran Allah SWT yang harus direnungkan. Di antara kandungan yang terdapat di dalamnya adalah pelajaran untuk berfikir tentang ciptaan dan mengingat-Nya.Oleh karena itu ayat tersebut sangat bagi umat muslim dalam rangka pembelajaranserta pembentukan dan pembinaan manusia dalam pendidikan Islam. Berdasarkan uraian di atas, maka skripsi yang berjudul “Integrasi aspek rasional dan spiritual beserta implikasinya dalam pendidikan islam (kajian Q.S. Alu ‘Imran ayat 190-191)” ini, dengan fokus kajian bagaimana integrasi aspek rasional dan spiritual beserta implementasinya dalam pendidikan Islam? Sub fokus kajian (1). Bagaimana integrasi aspek rasional dan spiritual dalam Q.S. Alu ‘Imran ayat 190-191; (2). Bagaimana implementasi integrasi aspek rasional dan spiritual dalam Q.S. Alu ‘Imran ayat 190-191 dalam pendidikan Islam. Tujuan penelitian ini untuk mendiskripsikan integrasi aspek rasional dan spiritual beserta implikasinya dalam pendidikan islam (kajian Q.S Alu ‘Imran ayat 190-191), menggambarkan dengan jelas integrasi aspek rasional dan spiritual dalam Q.S Alu ‘Imran ayat 190-191 serta implikasinya dalam pendidikan islam Dalam penelitianini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kepustakaan (library research). Sumber data yang digunakan terdiri dari data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, teknik analisis data content analyisis. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Hasil analisis diperoleh, bahwa ayat tersebut menunjukkan adanya integrasi aspek rasional dan spiritual, dimana yang dinamakan ulul albab adalah orang-orang yang mengintegrasikan antara aspek pikir dan dzikir. Mereka selalu mengingat Allah SWT dengan cara melaksanakan apa yang diperintahkan Allah SWT yaitu beribadah kepada-Nya dan juga memikirkan akan penciptaan langit dan bumi, sehingga mereka mendapatkan banyak pelajaran dan manfaat dari apa yang mereka pikirkan. Dalam pendidikan Islam aspek pikir rasional dan spiritual merupakan sesuatu yang harus dikembangkan agar peserta didik mempunyai kemampuan intelektual yang tinggi dan mempunyai spiritualitas yang tangguh, sehingga ia mampu menghadapi problematika kehidupan dengan tenang. Untuk mencapai pendidikan yang diharapkan, kiranya integrasi antara aspek rasional dan spiritual perlu diterapkan dalam kurikulum, tujuan, pembelajaran dan evaluasi pendidikan Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:30
Last Modified: 03 Feb 2023 01:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18394

Actions (login required)

View Item View Item