Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Tahfidzul Qur’an di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Puger Jember

Al Farizi, Muhammad Muhid (2021) Penanaman Nilai Pendidikan Karakter Peserta Didik melalui Kegiatan Tahfidzul Qur’an di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Puger Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Muhid Al Farizi_T20151378.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata kunci: Pendidikan Karakter, Tahfidzul Qur’an Penerapan dan penanaman nilai-nilai karakter menjadi prioritas utama yang harus dilaksanakan sedini mungkin, hal ini dikarenakan bangsa Indonesia sedang dihadapkan pada persoalan moralitas dan krisis karakter utamanya pada generasi muda yang ditandai dengan adanya degradasi akhlak dan perilaku. Seperti kasus yang terjadi di Sekolah Menengah Pertama Negeri Kendal bahwa terdapat siswi sedang mencium teman laki-lakinya dan merokok. Al-Qur’an menjadi langkah alternatife bagi lembaga pendidikan untuk membentuk kepribadian peserta didik yang memiliki nilai-nilai religius yang diajarkan Al-Qur’an. Nilai–nilai tersebut berhubungan dengan akhlak seorang hamba dengan sang pencipta dan ciptaannya. Fokus penelitiannya adalah 1) Bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter Tanggung Jawab peserta didik melalui kegiatan Tahfidzul Qur’an di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Puger Jember? 2) Bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter Disiplin peserta didik melalui kegiatan Tahfidzul Qur’an di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Puger Jember? 3) Bagaimana penanaman nilai pendidikan karakter religius peserta didik melalui kegiatan Tahfidzul Qur’an di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Puger Jember Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yang dilakukan di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Puger Jember. Subyek penelitian meliputi Kepala Sekolah, Waka Kesiswaan, Guru dan Siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1)Penanaman nilai pendidikan karakter tanggung jawab peserta didik melalui kegiatan Tahfidzul Qur’an dilakukan dengan cara memberikan rasa kepercayaan kepada peserta didik untuk menghafal ayat Al-Qur’an dan juga memberikan motivasi agar tetap semangat dalam menyelesaikan tanggung jawabnya. 2) Penanaman nilai pendidikan karakter disiplin peserta didik melalui kegiatan Tahfidzul Qur’an di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo Puger Jember dilakukan dengan mempersiapkan segala hal seperti mengkoordinir siswa tahfidz agar memasuki ruangan yang telah di khususkan, setelah masuk semua maka kegiatan pertama tahfidz dapat dimulai dengan membaca doa terlebih dahulu, memberikan penjelasan cara-cara menghafal Al-Qur’an dengan sebuah metode. 3) Penanaman nilai pendidikan karakter religius peserta didik melalui kegiatan Tahfidzul Qur’an dilakukan dengan cara memberikan penjelasan dan contoh tentang bersikap baik kepada sesama, berkata jujur, harus menjadi insan yang memiliki sopan santun yang baik, dan menceritakan kisah Nabi Muhammad SAW yang selalu memuliakan penghafal Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130399 Specialist Studies in Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 01:30
Last Modified: 03 Feb 2023 01:30
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18396

Actions (login required)

View Item View Item