Penerapan Metode Pembelajaran Membaca dalam Menangani Peserta Didik Disleksia di Madrasah Ibtidaiyah Husnul Huda Songgon Banyuwangi.

Musoffa, Muhammad (2021) Penerapan Metode Pembelajaran Membaca dalam Menangani Peserta Didik Disleksia di Madrasah Ibtidaiyah Husnul Huda Songgon Banyuwangi. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Musoffa_0849417013.pdf

Download (5MB)

Abstract

Kata Kunci: Metode Pembelajaran Membaca, Peserta Didik, Disleksia. Metode pengajaran merupakan cara atau pola yang khas dalam memanfaatkan berbagai prinsip dasar Pendidikan serta berbagai teknik dan sumberdaya terkait lainnya agar terjadi pembelajaran yang baik terhadap pembelajar. Dengan Menggunakan metode pengajaran yang baik maka akan menghasilkan hasil belajar yang baik pula. Fokus penelitian dalam tesis ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode fernald dalam menangani kesulitan membaca pada peserta didik Disleksia 2) Bagaimana penerapan metode Gillingham dalam menangani kesulitan membaca pada peserta didik Disleksia 3) Bagaimana penerapan metode Analisis Glass dalam menangani kesulitan membaca pada peserta didik Disleksia Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan dan menjelaskan penerapan metode fernald dalam menangani peserta didik Disleksia, (2) Mendiskripsikan dan menjelaskan penerapan metode Ghillingham dalam menangani peserta didik Disleksia, (3) Mendiskripsikan dan menjelaskan penerapan Analisis Glass dalam menangani peserta didik Disleksia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fernald tentang belajar kinhestetik, Gillingham tentang memadukan huruf dan Anaisis Glass tentang Decoding dan reading Metode dalam penelitian adalah menggunakan pendekatan kualitatif diskriftif dengan jenis penelitian studi kasus, pemilihan subjeck penelitian adalah purposive Teknik pengumpulan data yaitu: Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis interaktif model miles dan hubermen meliputi pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan teknik trianggulasi (sumber dan teknik) dan member check Hasil penelitian ini adalah: 1) Penerapan Metode Fernald dalam Menangani Kesulitan Membaca Peserta Didik Disleksia dilaksanakan melalui empat tahapan yaitu (a) guru menulis kata yang dipelajari, anak menelusuri-tulisan tersebut dengan jari, (b) Anak tidak diminta menelusuri tulisan dengan jari, tetapi mempelajari tulisan guru dengan melihat guru menulis, sambil mengucapkannya, (c) Anak-anak mempelajari kata-kata baru pada tahap ketiga, dengan melihat tulisan yang ditulis di papan tulis atau tulisan cetak, dan mengucapkan kata tersebut dan 4) anak mampu mengingat kata-kata yang dicetak atau bagian-bagian dari kata yang telah dipelajari. 2) Pengajaran membaca dengan Metode Gillingham dapat menuntaskan belajar siswa tentang bunyi huruf dan memadukan huruf: 3) Penerapan metode analisis Glass dalam menangani kesulitan membaca peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Husnul Huda Songgon Banyuwangi maka untuk menangani kesulitan membaca anak disleksia guru menggunakan langkah-langkah 1) Mengidentifikasi keseluruhan kata, huruf, dan bunyi kelompok-kelompok huruf, 2) Mengucapkan bunyi-bunyi kelompok huruf dan huruf, dan 3) Menyajikan kepada anak, huruf atau kelompok huruf.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0501 Ecological Applications > 050199 Ecological Applications not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:13
Last Modified: 03 Feb 2023 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18398

Actions (login required)

View Item View Item