Upaya peningkatan Keamanan Bertransaksi Melalui Layanan Mobile Banking (M-Banking) di PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember.

Sholihin, Muhammad (2019) Upaya peningkatan Keamanan Bertransaksi Melalui Layanan Mobile Banking (M-Banking) di PT Bank Syariah Mandiri Kantor Cabang Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Sholihin_E20151214.pdf

Download (1MB)

Abstract

Layanan mobile banking pada Bank Syariah Mandiri ini dikenal dengan Mandiri Syariah Mobile. Mandiri Syariah Mobile merupakan layanan melalui saluran distribusi elektronik Bank untuk mengakses rekening yang dimiliki nasabah di Bank melalui jaringan komunikasi dengan sarana telepon seluler atau komputer tablet. Pada mobile banking, aspek keamanan data pada sisi pengguna maupun proses pengiriman pesan menjadi salah satu aspek yang sangat penting. Sebuah layanan bisa dikatakan aman jika memenuhi beberapa unsur keamanan yang meliputi: kerahasiaan data, integritas data, otentikasi, anti penyangkalan (non repudiation) dan akses kontrol. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah:1)Bagaimana upaya peningkatan keamanan bertransaksi melalui layanan Mobile Banking di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember? 2)Bagaimana langkah-langkah peningkatan keamanan bagi nasabah yang bertransaksi melalui layanan Mobile Banking di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember? 3)Pencegahan apa yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko ketidakamanan bertransaksi melalui layanan Mobile Banking di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember? Tujuan Penelitian ini antara lain adalah:1)Untuk mengetahui upaya peningkatan keamanan bertransaksi melalui layanan Mobile Banking di PT Bank Syariah Mandiri KCJember. 2)Untuk mengetahui langkah-langkah peningkatan keamanan bagi nasabah yang bertransaksi melalui layanan Mobile Banking di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember. 3)Untuk mengetahui Pencegahan apa yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko ketidakamanan bertransaksi melalui layanan Mobile Banking di PT Bank Syariah Mandiri KCJember. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian studi kasus. Sumber data tersebut diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa dengan analisis deskriptif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber. Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa: 1)Upaya peningkatan keamanan bertransaksi melalui layanan Mobile Banking di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember ialah peningkatan keamanan dan layanan dalam memberikan informasi-informasi agar berbagai komplain atau masalah yang disebabkan oleh nasabah bisa diberikan pemahaman. 2)Langkahlangkah peningkatan keamanan bagi nasabah yang bertransaksi melalui layanan Mobile Banking di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember ialah meningkatan fasilitas ATM dan fiturfitur yang ada di dalam mobile banking. peningkatan keamanan tidak hanya dari pihak bank yang melakukan, melainkan pihak nasabah pun perlu meningkatkan kehati-hatiannya tentang kerahasian mobile banking yang dimiliki. 3)Pencegahan apa yang dapat digunakan untuk mengurangi resiko ketidakamanan bertransaksi melalui layanan Mobile Banking di PT Bank Syariah Mandiri KC Jember, Apabila ketika ingin melakukan transaksi harus berhati-hati, jangan langsung menginput agar resiko yang ada bisa diminimalisir oleh nasabah sendiri dan menjaga kerahasiaan pribadi terkait PIN, Password kepada orang lain. Kata kunci: Keamanan Bertransaksi dan Mobile Banking (M-Banking)

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:12
Last Modified: 03 Feb 2023 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18401

Actions (login required)

View Item View Item