Korelasi antara Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu SMP Luar Biasa Negeri Jember Tahun Pelajaran 2018/2019

Hidayah, Munzidah Lailatul (2019) Korelasi antara Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan Anak Berkebutuhan Khusus Tunarungu SMP Luar Biasa Negeri Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Munzidah Lailatul Hidayah_T20151072.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pendidikan Agama Islam bertujuan untuk meningkatkan keyakinan, pemahaman, penghayatan dan pengamalan tentang agama Islam sehingga menjadi manusia muslim yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT serta berakhlak mulia. Menjadi persoalan tersendiri jika peserta didik seorang anak penyandang tunarungu. Tidak dipungkiri bahwa anak tunarungu pun juga mempunyai kewajiban dalam menjalankan dan mengamalkan ajaran Islam walau dengan keterbatasannya. Mereka juga perlu dididik dan dibiasakan dalam berakhlak mulia. Berdasarkan latar belakang tersebut rumusan masalah penelitian ini adalah: 1) Adakah korelasi antara Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan akhlak anak berkebutuhan khusus tunarungu SMPLBN Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, 2) Adakah korelasi antara Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan akhlak terhadap orang tua anak berkebutuhan khusus tunarungu SMPLBN Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?, 3) Adakah korelasi antara Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan akhlak terhadap teman anak berkebutuhan khusus tunarungu SMPLBN Jember Tahun Pelajaran 2018/2019?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan korelasi antara Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan akhlak anak berkebutuhan khusus tunarungu SMPLBN Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 2) Untuk mendeskripsikan korelasi antara Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan akhlak terhadap orang tua anak berkebutuhan khusus tunarungu SMPLBN Jember Tahun Pelajaran 2018/2019, 3) Untuk mendeskripsikan korelasi antara Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan akhlak terhadap teman anak berkebutuhan khusus tunarungu SMPLBN Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kuantitatif, sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian korelasi. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh dengan semua anggota populasi digunakan sebagai sampel dengan sampel 25 siswa-siswi SMPLBN. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi, sedangkan analisis datanya menggunakan rumus Product MomentIBM Statistic SPSS 22. Berdasarkan hasil analisis Product Moment menggunakan aplikasi SPSS, diperoleh bahwa (1) nilai rhitung adalah 0,784 dan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0,396 yang berarti 0,784 > 0,396. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan dan korelasi tersebut kuat. (2) Nilai rhitung adalah 0,226 dan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0,396 yang berarti 0,226 > 0,396. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan dan korelasi tersebut lemah. (3) Nilai rhitung adalah 0,377 dan nilai rtabel pada taraf signifikansi 5% adalah sebesar 0,396 yang berarti 0,377 > 0,396. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat korelasi positif yang signifikan dan korelasi tersebut lemah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220499 Religion and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:12
Last Modified: 03 Feb 2023 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18404

Actions (login required)

View Item View Item