Pembelajaran Tahfidz One Day One Ayat Juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017.

Izzah, Nailul (2017) Pembelajaran Tahfidz One Day One Ayat Juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nailul Izzah_084 134 072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Al-Qur’an sebagai pedoman hidup orang muslim dan berfungsi sebagai penjelas perkara dunia, akhirat maupun agama, serta berisi tentang peraturan- peraturan umat dan way of life yang kekal hingga akhir zaman. pembelajaran tahfidz One Day One Ayat merupakan teknik alternatif yang lebih menyenangkan dalam menghafal Al-Qur’an. Sedangkan di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum ini di wajibkan mengikuti pembelajaran ODOA yang mana setiap hari peserta didik harus menghafalkan 1 ayat tiap hari. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Tahfidz One Day One Ayat (ODOA) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2016/2017 ? 2) Bagaimana problematika pembelajaran Tahfidz One Day One Ayat (ODOA) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2016/2017 ? 3) Bagaimana evaluasi pembelajaran Tahfidz One Day One Ayat (ODOA) di Madrasah Ibtidaiyah MiftahulUlum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2016/2017 ? Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran Tahfidz One Day One Ayat (ODOA) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2016/2017. 2) Untuk mendeskripsikan problematika pembelajaran Tahfidz One Day One Ayat (ODOA) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2016/2017. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi pembelajaran Tahfidz One Day One Ayat (ODOA) di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember tahun pelajaran 2016/2017. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif menggunakan penelitian lapangan. Tehnik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah dengan metode observasi, wawancara dan dokumentasi, dari data yang sudah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif dengan tehnik reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan serta data dianalisis dengan tehnik trianggulasi sumber dan trianggualasi metode. Berdasarkan hasil temuan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran tahfidz One Day One Ayat juz 30 di Madrasah Ibtidaiyah Miftahul Ulum Rambipuji Jember Tahun Pelajaran 2016/2017 yaitu: 1)Pelaksanaan pembelajaran tahfidz ini di lakukan setiap hari dengan waktu 35 menit sebelum mata pelajaran kurikulum madrasah di mulai. Yang mana dalam pelaksanaan ini di sesuaikan dengan silabus ODOA yang sudah di tetapkan oleh kepala madrasah, Selain itu juga metode yang di gunakan yakni metode talaqqi/setoran pada guru, ODOA dan tikrar. 2) Untuk problematika dalam pembelajaran yaitu ayat-ayat yang sudah di hafal lupa lagi, anak masih ingin bermain, gangguan lingkungan dan ketidak sabaran orang tua. 3) Evaluasi pembelajaran tahfidz ODOA ini ada 2 macam yaitu sumatif dan formatif

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180199 Law not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:12
Last Modified: 03 Feb 2023 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18408

Actions (login required)

View Item View Item