Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Scince Club (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris Jember. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Jember

Mubarokah, Cucun Azizatul (2020) Implementasi Kegiatan Ekstrakurikuler Scince Club (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris Jember. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Cucun Azizatul Mubarokah_T20164049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pentingnya ekstarkurikuler scince club (IPA) di MI Unggulan Nuris yaitu sebagai wadah bagi peserta didik dalam mengembangkan potensi dalam bidang sains dan mampu mampu mempersiapkan diri dalama ajang kompetisi sains madrasah (KSM) sehingga mampu meningkatkan prestasi dalam bidang sains di era kebutuhan globalisasi yang semakin mengalami perubahan yang selalu berkembang. Fokus dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana perancanaan kegiatan ekstrakurikuler Science Club (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris jember? (2) Bagaimana pelaksanaan ekstrakurikuler Science Club (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris jember? (3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Science Club (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris jember? Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mendeskripsikan perancanaan, pelaksanaan,evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Science Club (IPA)di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris jember. (2) ) Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Science Club (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris jember. (3) ) Mendeskripsikan bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler Science Club (IPA) di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris jember. Penelitian yang digunakan adalah pendekatanpenelitian kualitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research). Lokasi yang digunakan dalam penelitian ini di MI Unggulan Nuris Jember. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan aktif (active participation),wawancara semiterstruktur dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif sosial sesuai teori Miles, Huberman dan Saldana yang terdiri dari kondensasi data (data condensation), penyajian data (data display), dan menatik kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing and verification). Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan dalam kegiatan ekstrakurikuler scince club di Madrasah Ibtidaiyah Unggulan Nuris Jember, yaitu: a) Pemilihan tim yang bertanggung jawab; b) Seleksi pengajar atau tentor; c) Membuat kendali kurikulum; 2) Pelaksanaan ekstrakurikuler yaitu; a) Pembelajaran diawali dengan pretest lalu pemberian materi dan dilanjutkan posttest; b) Pada minggu ke 1: senin-rabu. Minggu ke 2: kamis & sabtu, dimuali dari jam 07-09.30; 3) Evaluasi dalam kegiatan ekstrakurikuler ini adalah: a) dampak positif dan dampak negatif; b) pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler ini dilaksanakan pada pagi hari sehingga peserta didik masih dalam keadaan fress dan peserta didik yang mengikuti kegiatan ekstrakurikuler

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 22 Apr 2021 02:25
Last Modified: 22 Apr 2021 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1841

Actions (login required)

View Item View Item