Program Excellent Empat Semester Dalam Mengembangkan Potensi Siswa Berbakat Intelektual di MTsN Lumajang.

Zakiyah, Naily (2018) Program Excellent Empat Semester Dalam Mengembangkan Potensi Siswa Berbakat Intelektual di MTsN Lumajang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Naily Zakiyyah_084143082.pdf

Download (10MB)

Abstract

Setiap anak dilahirkan dengan potensi masing-masing dan diantara mereka pasti ada anak yang mempunya kecerdasan dan bakat diatas rata-rata. Kemampuan itulah yang dinamakan dengan kemampuan givted talented atau Cerdas Istimewa Bakat Istimewa (CIBI), mereka yang mempunyai daya tangkap cepat dalam belajar dan IQ di atas 130 berhak untuk mendapatkan pendidikan khusus untuk dikembangkan potensi yang ada dalam diri anak tersebut.Maka dari itu peneliti tertarik untuk mengkaji tentang “Program Excellent Empat Semester dalam Mengembangkan Potensi Siswa Berbakat Intelektual di MTsN Lumajang”. Fokus penelitian dalam skripsi ini tentang 1) Bagaimana penerimaan peserta didik program excellent empat semester di MTsN Lumajang, 2) Bagaimana manajemen kurikulum program excellent empat semester dalam mengembangkan potensi siswa berbakat intelektual di MTsN Lumajang, 3) Bagaimana kebijakan dalam pelaksanaan pembelajaran program excellent empat semester dalam mengembangkan potensi siswa berbakat intelektual di MTsN Lumajang. Tujuan dalam skripsi ini yaitu 1) Untuk mendeskripsikan penerimaan peserta didik program excellent empat semester di MTsN Lumajang, 2) Untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum program excellent empat semester dalam mengembangkan potensi siswa berbakat intelektual di MTsN Lumajang, 3) Untuk mendeskripsikan kebijakan dalam pelaksanaan pembelajaran program excellent empat semester dalam mengembangkan potensi siswa berbakat intelektual di MTsN Lumajang. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan subyek penelitian secara purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dengan deskriptif interaktif, dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah 1) Penerimaan peserta didik Program Excellent Empat Semester di MTsN Lumajang meliputi: seleksi berkas, tes Potensi Akademik (TPA), tes IQ, untuk pedoman, tes kreativitas, task commitment: baik, minat anak dan wawancara siswa dan orang tua. 2) Manajemen Kurikulum Program Excellent Empat Semester di MTsN Lumajang meliputi: perencanaan kurikulum yang di MTsN Lumajang ini menggunakan sistem kredit semester (SKS) dan program ini memakai kurikulum differensiasi, pelaksanaan kurikulum sesuai struktur kurikulum yang telah ditetapkan bersama, kemudian evaluasi kurikulum meliputi : Ulangan harian, PTS (penilaian tengah semester), PAS (penialain akhir semester), UN. 3) Kebijakan dalam pelaksanaan pembelajaran program Excellent Empat Semester di MTsN Lumajang meliputi guru yang harus profesional, mampu merangcang perangkat pembeajaran yang sesuai kebutuhan siswa dan tidak mempersulit siswanya, sedangkan sarana prasarana yang menunjang yaitu adanya ruangan berAC, perpustakaan mini, hospot area dan mewajibkan setiap siswa memiliki laptop demi lancarnya proses pembelajaran untuk mencapai tujuan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160101 Anthropology of Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:12
Last Modified: 03 Feb 2023 03:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18411

Actions (login required)

View Item View Item