Hubungan Persepsi Pembelajaran Tematik dengan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Tahun Pelajaran 2016/2017

Prativi, Nicky Nastiti Karya (2017) Hubungan Persepsi Pembelajaran Tematik dengan Keterampilan Berbicara dan Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Tahun Pelajaran 2016/2017. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nicky Nastiti Karya Prativi_084134051.pdf

Download (21MB)

Abstract

Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari merupakan lembaga yang ditunjuk oleh Kementerian Agama RI untuk melaksanakan Kurikulum 2013 baik pada pembelajaran tematik maupun agama sesuai dengan Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Nomor 481 tahun 2015 tentang Penetapan Madrasah Pendampingan Implementasi Kurikulum 2013. Keterampilan berbicara di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari masih tergolong rendah karena beberapa anak masih malu untuk maju di depan kelas untuk mengkomunikasikan pembelajaran. Berdasarkan latar belakang rumusan masalah penelitian adalah : 1) Bagaimana hubungan persepsi pembelajaran tematik dengan keterampilan berbicara siswa madrasah ibtidaiyah negeri sumbersari tahun pelajaran 2016/2017?. Tujuan penelitian sebagai berikut: 1) Tujuan Umum : Menganalisis hubungan persepsi pembelajaran tematik dengan keterampilan berbicara siswa tahun pelajaran 2016/2017. 2) Tujuan Khusus: a) Menganalisa hubungan persepsi pembelajaran tematik dengan keterampilan berbicara di madrasah ibtidaiyah negeri sumbersari tahun pelajaran 2016/2017. b) Menganalisa secara statistik hubungan persepsi pembelajaran tematik dengan keterampilan berbicara siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sumbersari Tahun Pelajaran 2016/2017. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitaif. Jenis penelitiannya adalah kuantitatif expose facto. Teknik Pengumpulan Data adalah: 1) Observasi 2) Dokumentasi 3)Wawancara. Analisis data adalah: 1) Uji Normalitas, 2) Uji Korelasi Product Moment 3)Uji Linieritas, 5)Uji Koefisien determinasi. Hasil penelitiannya adalah : 1) Ada hubungan persepsi pembelajaran tematik dengan keterampilan berbicara. Arah korelasi antar keduanya berarah negatif. Kontribusi hubungan dari persepsi pembelajaran tematik dengan keterampilan berbicara sebesar 10,6% . Artinya bahwa 89,4% keterampilan berbicara dipengaruhi oleh faktor lain. Semakin meningkatnya persepsi pembelajaran tematik diikuti dengan semakin menurunnya keterampilan berbicara siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 03:23
Last Modified: 03 Feb 2023 03:23
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18414

Actions (login required)

View Item View Item