Implementasi Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso.

Maulidah, Nur Afni (2018) Implementasi Manajemen Humas Dalam Membangun Citra Madrasah di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nur Afni Maulidah_084143049.pdf

Download (5MB)

Abstract

Lembaga pendidikan merupakan salah satu instansi dalam masyarakat, yang mana masyarakat turut serta dalam memajukan lembaga pendidikan. Kemajuan dan kesuksesan lembaga pendidikan tidak lepas dari dukungan serta partisipasi masyarakat. Dilembaga pendidikan terdapat humas yang bertujuan menjalin komunikasi dengan berbagai pihak, tidak hanya dengan wali murid saja akan tetapi juga dengan instansi lainnya seperti pemerintah. Hal tersebut sangat penting dilakukan dikarenakan dalam pelaksanaannya, kegiatan pendidikan harus menjalin komunikasi secara menyuluruh dengan lapisan masyarakan dan instansi. Agar tujuan pendidikan dapat tercapai secara efektif dan efsien. Dalam rangka mewujudkan hal tersebut humas harus dikelola dengan baik sehingga lembaga pendidikan memerlukan manajemen humas sebagai alat untuk mencapai salah satu tujuan pendidikan utamanya dalam membangun citra madrasah. Dan dalam hal ini MAN Bondowoso telah memaksimalkan manajemen humas dalam membangun citra madrasah dilembaganya. Berdasarkan uraian di atas maka terdapat tiga fokus penelitian yaitu: (1) perencanaan humas dalam membangun citra madrasah di MAN Bondowoso, (2) pelaksanaan humas dalam membangun citra madrasah di MAN Bondowoso, (3) evaluasi humas dalam membangun citra madrsah di MAN Bondowoso. Tujuan penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan perencanaan humas dalam membangun citra madrasah di MAN Bondowoso, (2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan humas dalam membangun citra madrasah di MAN Bondowoso, (3) untuk mendeskripsikan evaluasi humas dalam membangun citra madrsah di MAN Bondowoso. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research dan untuk menentukan subyek penelitian ini menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara semi terstruktur, observasi partisipasi pasif dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah model interaktif Miles and Huberman dengan langkahlangkah yang digunakan adalah mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan datanya menggunakan validitas triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitiannya adalah: (1) Perencanaan humas dalam membangun citra masrasah sudah tertuang dalam RKT (Rencana Kerja Tahunan) dan secara umum tertuang RKM (Rencana Kerja Madrasah) yang meliputi, pertama analisa kebutuhan humas dilakukan atas dasara analisa WAKA Humas yaitu menetapkan target-target operasi humas, memperhitungkan jumlah jam kerja dan berbagai biaya yang dibutuhkan, memilih prioritas-prioritas yang paling penting guna menentukan: jumlah program dan waktu yang diperlukan guna melaksanakan segenap program humas yang telah diprioritaskan tersebut, kesiapan atau kelayakan pelaksanaan berbagai upaya dalam rangka mencapai tujuan-tujuan digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id—digilib.iain-jember.ac.id x tertentu sesuai dengan jumlah dan kualitas, seperti: personel yang ada, daya dukung dari berbagai peralatan fisik serta anggaran dana yang tersedia. Kedua, Penetapan tujuan dalam perencanaan humas di MAN Bondowoso dalam praktiknya sudah terintegrasi atau sudah menjadi satu dalam penyusunan program kerja dan itu dilakukan dalam satu musyawarah antara waka-waka yang ada dipimpin oleh kepala madrasah dan Keiga, Perancangan atau penyusunan program kerja humas tersusun melalui rencana program kerja rutin dan rencana program insidental. Dalam penyusunan program kerja humas yang sangat berperan aktif adalah para Waka-Waka, program kegiatan itu sudah mengacu pada kegiatankegiatan kemarin jadi bisa mengevaluasi kegiatan yang kemaren mana yang kirakira kegiatan kemaren yang masih bisa dilaksanakan mana yang perlu di tambah dan mana yang perlu di kurangi pada program tahun berikutnya. (2) Pelaksanaan humas dalam membangun citra madrasah dapat dilihat dari berbagai kegiatan atau program humas yaitu, Pertama, Adanya Singgel Sex Area yaitu area putra dan putrid dibedakan. Kedua, membina hubungan harmonis internal madrasah seperti membudayakan S3Q (salam, shalat, silaturrahim dan membaca Al-Qur’an). Ketiga, menjalin hubungan harmonis dengan masyarakat dengan mengadakan even-even seperti Pawai muharram, pawai rhamadan, PKLA (Praktek Kerja Lapangan Keagamaan). Keempat, menjalin kerjasama dan hubungan harmonis dengan instansi-instansi luar seperti PKLK (Praktek Kerja Lapangan Kompiuter) dan PKLT (Praktek Kerja Lapangan ke Tahfidan). Kelima, adanya publikasi seperti pembuatan profil, penerbitan majalah, facebook humas, dan Layanan Informasi penilaian Online, membuat website dan pembuatan Mading siswa. Keenam, adanya news (pesan/berita) Operasional layanan SMS Center. Dalam pelaksanaan ditemukan Hambatan yaitu adanya SDM kurang bekerjasama dengan baik dan adanya ketidak samaan bahasa dengan masyarkat yang diajak kerja sama. (3) Evaluasi humas dalam membangun citra madrasah dilaksanakan dengan rapat para waka-waka atas pimpinan kepala madrasah yang nantinya tertuang dalam notulen rapat pimpinan dan rapat umum, evaluasi ini dilakukan dengan berkelanjutan mulai dari evaluasai perencanaan yaitu waka humas melakukan evaluasi persiapan sebelum kegiatan, untuk mengevaluasi perencanaan humas dapat dilihat dari standar evaluasi keberhasilan humas serta efektifitas rencana yang disusun dan perencanaan program kegiatan juga dievaluasi. Evaluas pelaksanaan dilakukan dengan memonitoring langsung oleh oleh waka humas dan kepala madrasah namun karna kegiatan humas tidak hanya sendiri maka semua stakholder dan siswa juga terlibat didalamnya. Dan evaluasi dampak, dapat dilihat dari meningkatnya jumlah peminat madrasah yang mana masyarakat banyak yang menyekolahkan atau berminat untuk menyekolahkan putra-putrinya dimadrasah ini. Dan ternyata masyarakat berhasil tertarik pada program-program sekolah juga program kegiatan humas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:44
Last Modified: 03 Feb 2023 08:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18418

Actions (login required)

View Item View Item