Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Program Ekstrakurkuler di MIN 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020

Dewi, Renanda Citra (2020) Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter Melalui Program Ekstrakurkuler di MIN 2 Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Renanda Citra Dewi_T20164039.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata Kunci : Internalisasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Program Ekstrakurkuler MIN 2 Jember merupakan lembaga pendidikan formal yang menekankan nilai-nilai pendidikan karakter melalui program ekstrakurikuler. Upaya yang dilakukan sekolah ini mampu mencetak siswa yang berakhlakul karimah, bahkan dalam hal ini siswa di MIN 02 Jember sudah sering kali menjadi juara dalam kejuaraan diberbagai ajang lomba di tingkat Kabupaten/Kota dan menjadi wakil ke tingkat Provinsi. Dari berbagai macam ekstrakurikuler yang ada, terdapat dua jenis kegiatan ekstrakurikuler yang di dalamnya menekankan nilai-nilai pendidikan karakter, yaitu ekstrakurikuler pramuka dan ekstrakurikuler hadrah. Ekstrakurikuler pramuka adalah program atau kegiatan yang dilakukan di luar jam sekolah yang mengenalkan Satya Pramuka dan Darma Pramuka yang dibentuk untuk menyelenggarakan pendidikan karakter dan kemampuan siswa, yang diselenggarakan oleh pihak sekolah. Sedangkan ekstrakurikuler hadrah merupakan salah satu jenis kegiatan dibidang kesenian musik islami yang menggunakan alatalat musik tradisional. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui program ekstrakurikuler pramuka di MIN 02 Jember tahun pelajaran 2019/2020? 2) Bagaimana internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui program ekstrakurikuler hadrah di MIN 02 Jember tahun pelajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui program ekstrakurikuler pramuka di MIN 02 Jember tahun pelajaran 2019/2020. 2) Mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui program ekstrakurikuler hadrah di MIN 02 Jember tahun pelajaran 2019/2020. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif. Peneliti mengambil lokasi di MIN 2 Jember,Jalan Puger No. 42, Desa Tutul, Kecamatan Balung, Kabupaten Jember. Sampel sumber data dipilih secara purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data menggunakan data condensation, data display, dan conclusion drawing/verification. Sedangkan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui program ekstrakurikuler pramuka dilakukan dengan beberapa cara, yaitu melalui kegiatan upacara, latihan rutin, permainan/ outbond dan perlombaan. Nilai-nilai karakter yang ada di dalam kegiatan upacara yaitu kedisiplinan, religius, dan tanggung jawab. Nilai-nilai pendidikan karakter dalam kegiatan latihan yaitu: PBB (disiplin dan tanggung jawab), Semaphore (disiplin, tanggung jawab, dan peduli sosial), Tali temali (peduli sosial dan kreatif), Membaca Sandi Pramuka (tanggung jawab dan sosial), dan Kewirausahaan (mandiri, kerja keras dan peduli lingkungan). Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam permainan yaitu peduli sosial, kreatif, tanggung jawab, dan toleransi. Dan untuk nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalam perlombaan yaitu kedisiplinan, religius, sosial, kreatif, dan tanggung jawab. 2) Internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui program ekstrakurikuler hadrah dilakukan dengan cara pembina memberikan pelajaran atau ibrah dari sebuah kisah-kisah Nabi di sela-sela latihan agar siswa dapat mengambil hikmah lalu mentauladani. Salah satunya yaitu dengan menyampaikan tentang bagaimana kita mencintai Nabi atau menyampaikan tentang makna isinya yang terkandung di dalam bacaan sholawat. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang ada di dalamnya yaitu religius, peduli sosial, tanggung jawab mandiri, dan disiplin.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 22 Apr 2021 02:47
Last Modified: 22 Apr 2021 02:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1843

Actions (login required)

View Item View Item