Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dan Relevansinya Di Kalangan Hijabers (Pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember )

Bakriyan, Olivia Agnesti Putri (2018) Aktualisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam Dan Relevansinya Di Kalangan Hijabers (Pada Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Jember ). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Olivia Agnesti Putri Bakriyan_084 141 325.pdf

Download (7MB)

Abstract

Fenomena hijabers merupakan salah satu gejala sosial yang sedang berkembang pesat di indonesia, khususnya dikalangan muslimah. Karena fenomena ini menawarkan kepada para wanita muslimah berhijab tapi tetap stylis, trendy, dan tidak terkesan kuno. Para mahasiswi Fakultas keguruan dan ilmu Pendidikan, juga merasakan adanya fenomena tersebut. Adanya fenomena hijabers memiliki beberapa sebab, antara lain: Perkembangan teknologi, (internet , media sosial , televisi, dll) adanya komunitas hijabers, adanya model-model hijab. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka dapat di rumuskan fokus penelitan sebagai berikut: 1) Bagaimana aktualisasi hijab syar’i dan relevansinya dengan niai-nilai syariah, akhlak dan akidah bagi mahasiswi FKIP di Universitas Jember?. 2) Bagaimana aktualisasi hijab gaul dan relevansinya dengan nilai-nilai syariah, akhlak dan akidah bagi mahasiswi FKIP di Universitas Jember? Tujuan penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut: 1) Mendeskripsikan Aktualisasi hijab syar’i dan relevansinya dengan niai-nilai syariah, akhlak dan akidah bagi mahasiswi FKIP di Universitas Jember. 2) Mendeskripsikan Aktualisasi hijab gaul dan relevansinya dengan nilai-nilai syariah, akhlak dan akidah bagi mahasiswi FKIP di Universitas Jember. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Teknik penentuan subjek penelitian menggunakan Teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi. Teknik analisis data dalam skirpsi ini menggunakan model intraktif milles dan hubberman, melalui beberapa cara yaitu pengumpulan data, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik. Hasil penelitian ini, 1) Aktualisasi hijab syar,i yaitu memakai kerudung sampai menutup dada, panjang lengan baju hingga kepergelangan tangan/ lebih sedikit, dipadupandankan dengan menggunakan hand shok , baju yang dipakai bermacam-macam warna dan motivnya, terkesan longgar dan panjangnya sampai mata kaki dan memakai kaos kaki. 2) Aktualisasi hijab gaul yaitu hijab yang digunakan pasmina, biasanya penggunaannya dililitkan dan dijepit dengan menggunakan bros, berpakaian sedikit ketat, dan dipadupadankan dengan celana kulot/ celana pensil dan rok span dan pemakaian kerudung segi empat seperti rawis biasanya ujung dari kedua sisi kerudung diikat dan ada yang hanya diselempangkan di satu sisi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:45
Last Modified: 03 Feb 2023 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18432

Actions (login required)

View Item View Item