Penanaman Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PAI Di SMPN 1 Silo Tahun 2017/2018

Nadhif, Qurata A'yun (2018) Penanaman Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PAI Di SMPN 1 Silo Tahun 2017/2018. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Qurata A’yun Nadhif_084 141 317.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan karakter menjadi suatu tantangan besar yang harus di laksanakan para pendidik guna membentuk generasi masa depan yang lebih baik, sebab ada relevansi antara pembentukan karakter dan pengembangan, serta pembangunan bangsa. Bangsa akan tumbuh berkembang menjadi lebih maju jika generasinya memiliki karakter unggul, dan mampu bersaing dalam pertarungan global. Salah satu upaya perbaikan tersebut adalah munculnya gagasan mengenai pentingnya karakter dalam dunia pendidikan di Indonesia Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana perencanaan penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMPN 1 Silo Tahun 2017/2018? 2) Bagaimana pelaksanaan penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMPN 1 Silo Tahun 2017/2018? 3) Bagaimana evaluasi penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMPN 1 Silo Tahun 2017/2018? Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMPN 1 Silo. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMPN 1 Silo. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi penanaman karakter siswa melalui pembelajaran PAI di SMPN 1 Silo. Metode yang digunakan Penelitian Kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis fenomena, peristiwa, aktifitas sosial, sikap, kepercayaan, persepsi, pemikiran orang secara individual maupun kelompok. Dalam penentuan subyek data penelitian ini menggunakan Purposive adapun teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara dan Dokumenter. Analisis data yang di gunakan adalah Field research (penelitian lapangan). Keabsahan data menggunakan Triangulasi Sumber dan Triangulasi Teknik. Hasil penelitian ini yaitu, 1) Perencanaan Penanaman Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PAI yaitu di dukung adanya RKS (Rencana Kerja Sekolah), RKAS (Rencana Kegiatan Anggaran Sekolah) dan Kurikulum 2013 yang terdiri Silabus dan RPP yang di sesuaikan dengan kondisi siswa. 2) Pelaksanaan Penanaman Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PAI yaitu kegiatan-kegiatan yang ada dalam proses belajar mengajar sesuai dengan apa yang di rencanakan dalam RKS, Silabus dan RPP. Kegiatan yang di lakukan seperti kegiatan awal dengan shalat dhuha berjamaah, literasi, mengucap salam, berdoa, mengabsen dan pretest, sedangkan kegiatan inti memahami materi, membaca ayat-ayat Al-Qur’an serta kegiatan penutup merangkum, memberi penguatan dan motivasi, meyampaikan materi pada pertemuan selanjutnya dan berdoa. 3) Evaluasi Penanaman Karakter Siswa Melalui Pembelajaran PAI yaitu penilaian hasil ulangan, hasil tes, hasil ujian, yang terangkum dalam ketuntasan belajar, hasil kegiatan penilaian orang tua terhadap anak ketika di rumah, lalu hasil kegiatan perilaku anak ketika berada di sekolah kemudian di akhir diakumulasikan pada nilai raport.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 03 Feb 2023 08:45
Last Modified: 03 Feb 2023 08:45
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18434

Actions (login required)

View Item View Item