Pengelolaan Nuris Student Exchange Programme dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam-Jember

Ananda, Rhizky Firdausia Rose (2018) Pengelolaan Nuris Student Exchange Programme dalam Meningkatkan Kompetensi Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam-Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rhizky Firdausia Rose Ananda_084 143 065.pdf

Download (4MB)

Abstract

Potensi siswa ini dibagi dalam tiga ranah, yaitu segi kognitif, segi afektif, dan segi psikomotorik. Sudah saatnya pengelolaan madrasah dilakukan dengan pendekatan manajemen modern, melalui perhitunganperhitungan yang rasional, dan prakiraan ke masa depan yang jelas. Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam Jember adalah salah satu lembaga pendidikan di Yayasan Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) AntirogoJember yang merealisasikan program “Santri Nuris Go International”. Salah satunya adalah Nuris Student Exchange Programme, program tersebut merupakan kebutuhan lembaga agar siswa bisa berperan aktif mengamalkan ilmunya ditengah-tengah masyarakat dan ummat Islam, terutama bagi dunia dalam bidang ke-aswaja-an. Adapun fokus penelitian dalam penelitian ini adalah: Bagaimana perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring-evaluasi Nuris Student Exchange Programme dalam meningkatkan kompetensi siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam-Jember. Adapun tujuan penelitian ini adalah: Untuk mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan monitoring-evaluasi Nuris Student Exchange Programme dalam meningkatkan kompetensi siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Nurul Islam-Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan/verifikasi. Selanjutnya keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisa yang telah di kemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa: (1) Perencanaan Nuris Student Exchange Programme menetapkan syiar Islam sebagai visi dan misi program, dengan tujuan menyebarluaskan ajaran Aswaja. Sedangkan untuk rencana kerja program masih belum tersusun dalam dokumen tertulis. (2) Pelaksanaan Nuris Student Exchange Programme menetapkan kurikulum madrasah sebagai pedoman, dan untuk struktur organisai sudah terbentuk. Proses persiapan program dimulai dari sosialisasi, pendaftaran, seleksi, sosialisasi orang tua, melengkapi administrasi, dan pelaksanaan selama 30 hari di luar negeri. (3) Monitoring Nuris Student Exchange Programme dilakukan dengan cara memantau peserta didik pada saat pelaksanan kegiatan Nuris Student Exchange Programme di negara masing-masing, dan evaluasi dilakukan mulai dari proses persiapan, pelaksanaan, dan pulang ke lembaga Nuris.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1508 Other1503 Commerce, Management, Tourism and Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:25
Last Modified: 06 Feb 2023 02:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18446

Actions (login required)

View Item View Item