Analisis Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah (Kurs), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Tingkat Suku Bunga (BI Rate) terhadap Likuiditas (FDR) Bank Umum Syariah (di Indonesia Periode 2013-2018.

A'yun, Rinda Quratul (2019) Analisis Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah (Kurs), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Tingkat Suku Bunga (BI Rate) terhadap Likuiditas (FDR) Bank Umum Syariah (di Indonesia Periode 2013-2018. Masters thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Rinda Quratul A’yun_0839217030.pdf

Download (8MB)

Abstract

Kata Kunci : Makro Ekonomi, Inflasi, Nilai Tukar (Kurs), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), Suku Bunga (BI Rate) , Likuiditas, Financing to Deposit Ratio, Regresi Linier Berganda. Bank Syariah adalah bank yang menjalankan kegiatan usahanya berdasarkan prinsip Islam. Salah satu hal terpenting dalam mengelola bank syariah adalah pengelolaan Likuiditas yang baik. Dalam mengelola likuiditas ada dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal yaitu bank syariah itu sendiri dan faktor eksternal yaitu kondisi makro ekonomi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1).Apakah Inflasi, Nilai Tukar Rupiah (Kurs), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Tingkat Suku Bunga (BI Rate) secara simultan berpengaruh signifikan (bersama-sama) terhadap Likuiditas (FDR) Bank Umum Syariah di Indonesia?2).Apakah Inflasi berpengaruh signifikan terhadap Likuiditas (FDR) Bank Umum Syariah di Indonesia?3c). Apakah Nilai Tukar Rupiah (Kurs) berpengaruh signifikan terhadap Likuiditas (FDR) Bank Umum Syariah di Indonesia?4). Apakah Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpengaruh signifikan terhadap Likuiditas (FDR) Bank Umum Syariah di Indonesia?5). Apakah Tingkat Suku Bunga (BI Rate) berpengaruh signifikan terhadap Likuiditas (FDR) Bank Umum Syariah di Indonesia? Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh variabel makro ekonomi yaitu : Inflasi, Nilai Tukar Rupiah (Kurs), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Tingkat Suku Bunga (BI Rate) terhadap Likuiditas (FDR) Bank Umum Syariah di Indonesia. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori makro ekonomi yang menelaah perilaku perekonomian atau tingkat kegiatan ekonomi secara keseluruhan, termasuk didalamnya faktor-faktor yang mempengaruhi kinerja perekonomian atau kegiatan ekonomi agregat. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian times series. Adapun teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini ialah regresi linier berganda, yaitu untuk mengetahui pengaruh lebih dari satu variabel bebas terhadap satu veriabel terikat. Dalam analisis regresi llinier, ada tiga hal yang harus diperhatikan, yaitu; Koefisien Determinasi (R2 ), Uji F, dan Uji t. Namun sebelum melakukan analisis regresi, terlebih dahulu data harus memenuhi Uji Asumsi Klasik. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Variabel Makro Ekonomi: Inflasi, Nilai Tukar Rupiah (Kurs), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dan Tingkat Suku Bunga (BI Rate) secara simultan berpengaruh terhadap Likuiditas (FDR) Bank Umum Syariah di Indonesia dengan tingkat pengaruh sebesar 43,1 %. Sedangkan dengan uji secara parsial yang berpengaruh terhadap Likuiditas (FDR) adalah IHSG sebesar 0,0002, sedangkan BI Rate sebesar 0,000

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1502 Banking, Finance and Investment
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Diva Magang
Date Deposited: 06 Feb 2023 02:26
Last Modified: 06 Feb 2023 02:26
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/18451

Actions (login required)

View Item View Item