Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Santriwati di Pesantren Ainul Huda Banyuputih Situbondo

Erdiyanawati, Erdiyanawati (2020) Manajemen Pembelajaran Bahasa Inggris Santriwati di Pesantren Ainul Huda Banyuputih Situbondo. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Erdiyanawati_T20163070.pdf

Download (21MB)

Abstract

Kata Kunci: Manajemen Pembelajaran, Bahasa Inggris Bahasa Inggris merupakan salah satu pelajaran yang penting untuk dikuasai oleh siswa terutama santri yang indentik dengan jauh dari alat-alat elektronik. Bahasa Inggris telah menjadi bahasa Intenasional yang banyak digunakan baik dalam bidang pendidikan maupun bisnis. Pesantren Ainul Huda Situbondo merupakan salah satu pesantren yang menerapkan pembelajaran bahasa Inggris sebagai kegiatan sehari-hari. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep perencanaan pembelajaran bahasa Inggris di Pesantren Ainul Huda Banyuputih Situbondo? 2) Bagaimana pola pelaksanaan pembelajaran bahasa Inggris di Pesantren Ainul Huda Banyuputih Situbondo? 3) Bagaimana model evaluasi pembelajaran bahasa Inggris di Pesantren Ainul Huda Banyuputih Situbondo?. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pembelajaran bahasa inggris santriwati di pesantren Ainul Huda Situbondo. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Pengumpulan data yang dilakukan dengan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Pemeriksaan keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Konsep Perencanaan pembelajaran bahasa inggris di Pesantren Ainul Huda diawali dengan penetapan program pembelajaran yang mengadopsi dari pembelajaran bahasa Inggris Pare, Kediri. Adapun penyusunan materi disesuaikan dengan tingkatan kelas pre, mid, dan high class yang meliputi materi: vocab, speaking, dan grammatical. Selain itu terkait penyusunan program pembelajaran disesuaikan dengan kegiatan pesantren dan program pembelajaran dilaksanakan lima kali seminggu kecuali hari selasa dan hari jumat. 2) Pola Pelaksanaan pembelajaran bahasa inggris di Pesantren Ainul Huda meliputi a) kegiatan awal yang meliputi pembukaan dan do`a, kemudian pemberian pretest dan postestt. b) kegiatan inti yang meliputi tutor langsung menjelaskan ke pokok materi pembahasan, metode yang digunakan barvariasi sesuai materi yang diajarkan. Kemudian media bantu yang digunakan meliputi, papan tulis, spidol, laptop, LCD, Proyektor, dan Sound System. c) kegiatan penutup meliputi terkadang pemberian sesi tanya jawab, penutupan dengan do`a majelis ilmu dan salam penutup. 3) Model evaluasi menggunakan model evaluasi formatif dan sumatif yaitu: Evaluasi formatif meliputi pemberian sesi tanya jawab saat pembelajaran selesai dan pengamatan yang dilakukan saat kegiatan keseharian, Sunday morning dan Sunday morning conversation. Sedangkan untuk evaluasi sumatif meliputi tes dengan kriteria penilaian sesuai banyak soal dan pengamatan tutor. Kemudian pada kegiatan lomba dengan kriteria penilaian vocab, grammar, pronounciation, reasonable dan attitude.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 22 Apr 2021 03:13
Last Modified: 22 Apr 2021 03:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1846

Actions (login required)

View Item View Item